Madika, Sigi – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Profesor Lukman Thahir, menyatakan, Kemah Temu Galang Tegak (KTGT) se- yang dilaksanakan oleh Racana Karamatul Husna dapat menjadi ajang positif untuk mempromosikan kelembagaan UIN Datokarama.

“Melalui KTGT, pramuka atau siswa tingkat SMA dan SMP se- dapat mengenal UIN Datokarama,” kata Profesor Lukman, di Sigi, Jumat (26/7/2024).

KTGT XIII se- tahun 2024 dilaksanakan oleh Racana Karamatul Husna di Kampus II UIN Datokarama di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Sigi, pada tanggal 24 – 28 Juli 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 1000 siswa-siswi pramuka tingkat SMA dan SMP se-Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, dengan setiap gugus depan membawa 20 sampai 30 peserta.

BACA JUGA  Jadi Relawan Anti Narkoba, Ketua DPRD Ajak Pelajar Jauhi Narkotika

Racana Karamatul Husna juga melibatkan 40 Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Sigi dan .

Profesor Lukman mengatakan, kegiatan KTGT XIII mendekatkan UIN Datokarama dengan pelajar tingkat SLTA dan SLTP, serta mengakrabkan pelajar dengan civitas akademik UIN Datokarama.

“Dengan demikian, hubungan antar lembaga dan hubungan emosional antara para pelajar tingkat SLTA dan SLTP dengan civitas akademik UIN Datokarama terjalin dengan baik,” kata Profesor Lukman.

Selain itu, KTGT XIII juga mencakup kegiatan akademik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, sebagai wujud kepedulian dan kontribusi civitas akademik UIN Datokarama dalam menopang upaya daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah Sigi, Nuim Hayat, merasa bangga terhadap semangat dan antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan KTGT XIII Tahun 2024.

BACA JUGA  Siswa MTsN 1 Buol Raih Prestasi Gemilang di Festival Pelajar Buol Mopani

Kegiatan yang mengusung tema “Central Celebes Scouts Cultivate 1000 Dreams” ini dianggap sangat penting untuk membentuk karakter dan keterampilan generasi muda, khususnya dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan, kerjasama, dan rasa tanggung jawab.

“Tema kegiatan sangat relevan, mengingat pentingnya peran pramuka dalam mewujudkan mimpi dan aspirasi generasi muda Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Kabupaten Sigi berharap kegiatan KTGT XIII ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pengembangan pramuka dan generasi muda di Sulawesi Tengah.

“Dan tentu Kabupaten Sigi akan terus mendukung berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” sebutnya.

BACA JUGA  Sinergi BAN-PDM dan UIN Datokarama Tingkatkan Mutu Madrasah di Sulawesi Tengah