Madika, Palu – Calon Wakil (Sulteng) , dr. Reny Lamadjido, menjadi pembicara dalam seminar dan dialog publik bertajuk “Kepemimpinan dan Partisipasi Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Menyongsong Era Baru” yang digelar di salah satu hotel di pada Sabtu (19/10/). Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa yang terlibat aktif dalam diskusi.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Reny menekankan pentingnya keberanian sebagai kunci dalam memimpin.

“Pemimpin yang tidak memiliki keberanian sebaiknya tidak memimpin. Selain , pemimpin harus memiliki visi yang jauh ke depan, tidak hanya memikirkan satu atau dua tahun, tetapi juga 20 tahun ke depan,” tegasnya.

BACA JUGA  Hidayat-Andi Nur Siapakan Program Khusus Meningkatkan Perekonomian Kota Palu

Ia juga mendorong mahasiswa untuk percaya diri dan tidak meremehkan kemampuan diri sendiri.

“Setiap individu punya potensi, jadi jangan pernah merasa tidak mampu. Percaya diri itu penting, tapi tetap harus rendah hati, seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk,” tambahnya.

Selain itu, dr. Reny mengingatkan pentingnya teknologi dalam kepemimpinan masa depan.

“Kita sudah berada di era Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, baik dalam maupun pengembangan diri. Generasi muda harus cerdas menggunakan teknologi ini untuk masa depan,” paparnya.

juga menjadi sorotan dr. Reny, terutama bagi perempuan. Ia membagikan kisah pribadinya saat berkuliah dan bagaimana menjadi modal utama.

BACA JUGA  KPU Sulteng Sabet Penghargaan Podcast Terbaik 2024

“Dulu, perempuan yang kuliah sangat sedikit. Banyak yang mempertanyakan mengapa perempuan harus mengejar pendidikan tinggi. Tapi bapak saya selalu menekankan bahwa pendidikan adalah harta yang paling berharga, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Jadi, jangan sampai putus sekolah, pertahankan pendidikan kalian,” katanya tegas.

Dr. Reny juga membagikan bagaimana mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan, seperti debat politik yang pernah ia ikuti.

“Saya melatih diri dengan baik, bahkan berlatih di depan cermin untuk memastikan tampil elegan dan percaya diri. Ini semua bagian dari melatih mental dan mempertahankan ego secara seimbang,” ujarnya.

Seminar ini berlangsung dengan penuh antusiasme dari para mahasiswa, yang aktif bertanya dan berdiskusi tentang kepemimpinan serta peran mereka dalam menciptakan perubahan sosial.

BACA JUGA  Hidayat-Andi Nur Ingatkan Tim Fokus Pada Pemenangan

Di akhir acara, dr. Reny mengajak mahasiswa untuk selalu berpartisipasi aktif dan menyuarakan hal-hal positif demi kemajuan bersama.