Madika, Jakarta – Empat /Kota di Provinsi Sulawesi Tengah berhasil meraih penghargaan sebagai daerah peduli Hak Asasi Manusian (HAM).

Penghargaan itu diberikan dalam rangkaian kegiatan peringatan hari HAM sedunia ke 74, Senin (12/12/2022) di salah satu hotel di Jakarta.

Empat daerah yang berhasil memperoleh penghargaan adalah Kota , , Morowali dan Boul. Selain penghargaan itu, dua organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Palu juga predikat pelayanan public berbasis HAM terbaik yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu.

Kepala Kantor Wilayah Sulteng, Budi Argap Situngkir, menyampaikan bahwa penghargaan yang berhasil diraih, tidak terlepas dari sinergitas antara Sulteng dengan Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  Pengurus BPW-KKSS Diharapkan Mampu Bersinergi untuk Sulteng Maju

“Kami harapkan kedepan, seluruh Kabupaten/kota dan dinas-dinas di Sulawesi Tengah dapat memperoleh predikat yang sama karena merupakan hal yang penting bagi keterlibatan kita dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal. Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia berarti menjunjung tinggi peradaban”. Ungkap Kakanwil.

Sementara Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly yang membuka secara resmi kegiatan menyampaikan, untuk memastikan HAM benar-benar dinikmati oleh setiap warga negara dan sebagai perwujudan dari pengejawantahan pembangunan berbasis HAM, Kementerian Hukum dan HAM sedang menginisiasi Indeks Pembangunan HAM Indonesia.

Indeks ini diproyeksikan menjadi instrumen pengukuran objektif situasi P5HAM di Indonesia, sekaligus menjadi pusat sumber untuk menyusun kebijakan HAM berbasis bukti.  Dengan target penyelesaian pada , RI mengharapkan dukungan dan sokongan dari berbagai pihak dalam proses pembangunannya, dengan harapan pengukuran HAM berbasis bukti dapat berkontribusi pada penguatan regulasi dan kebijakan di Indonesia pada masa yang akan datang

BACA JUGA  DPRD Imbau Masyarakat Tidak Takut Divaksin

Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin yang turut hadir dalam sambutannya menjelaskan, saat ini Indonesia sedang berjuang untuk pulih dari krisis dan bangkit menjadi bangsa yang lebih kuat. Pemulihan ekonomi nasional menuntut lingkungan yang kondusif agar upaya ini dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif.

“Beberapa hari yang lalu, pada peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia tahun 2022, saya sampaikan bahwa korupsi adalah musuh bagi pemulihan, saya ingin menekankan bahwa pemerintah mendorong dilaksanakannya upaya pemulihan yang bertanggung jawab, baik secara hukum, , lingkungan, serta tetap mengedepankan nilai-nilai Hak Asasi Manusia”kata Ma'ruf.(*)

BACA JUGA  DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Gubernur