– Rosella merupakan bunga  yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bentuknya menguncup dan berwarna merah. ini sering diolah menjadi berbagai jeni minuman, salah satunya teh.

Keberadaan  tergolong jarang diketahui, tapi nyatanya memiliki beragam manfaat bagi .

Berikut manfaat teh  rosella yang jarang diketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Lonjakan tekanan darah dalam tubuh menjadi sumber masalah serius, seperti jantung, stroke, gagal jantung, dan penyakit ginjal. Dalam sebuah uji klinis, mengonsumsi teh dari bunga rosella terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada manusia.

Khasiat ini dibuktikan dalam studi berujudul Effect of hibiscus sabdariffa on blood pressure in patients with stage 1 hypertension, yang dipublikasikan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research.

Dalam satu penelitian kecil, 46 orang dengan tekanan darah tinggi mengonsumsi teh bunga rosella atau plasebo. Setelah satu bulan, mereka yang minum teh dari bunga ini mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih besar, ketimbang mereka yang menggunakan plasebo.

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang berfungsi membangun dinding di dalam sel (membran sel) dalam tubuh. Meski bermanfaat, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah.

BACA JUGA  Hidayat Janji Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Bertahap

Dampaknya, kolesterol akan membentuk plak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah. Untuk menurunkan kadarnya, kamu bisa mengonsumsi teh dari bunga rosella.

Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa Hibiscus sabdariffa dapat menurunkan kadar kolesterol, meskipun efeknya hanya sedikit. Ahli juga mengatakan bahwa rosella dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat. Meski begitu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

3. Mendukung

Penelitian juga menunjukkan konsumsi ekstrak rosella dapat mendukung , sehingga efektif mencegah obesitas. Namun, belum diketahui apakah menggunakan bunga rosella secara langsung sebagai teh dapat memberikan hasil yang sama.

4. Melawan bakteri

Dalam sebuah penelitian di laboratorium, ditemukan bahwa ekstrak bunga rosella dapat mengendalikan jenis bakteri tertentu di dalam tubuh. Meski bunga ini sudah pasti memiliki sifat antibakteri, tapi para peneliti masih mempelajari efektivitasnya pada manusia.

5. Menjaga hati

Manfaat bunga rosella selanjutnya yaitu menjaga kesehatan hati. Kegunaan ini berasal dari ekstrak bunga yang bekerja dengan melindungi organ hati dari paparan racun penyebab penyakit hati.

Kamu bisa klik artikel ini untuk mengetahui “8 Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah”.

BACA JUGA  Ipda MKS, Oknum Anggota Polri Jadi Tersangka dalam Kasus Pemerkosaan Anak di Parigi

6. Mencegah kanker

Hibiscus sabdariffa mengandung senyawa yang dapat mencegah kanker, yaitu polifenol. Sebuah studi pada tabung reaksi ditemukan mengenai efek potensial ekstrak rosella pada sel kanker. Salah satunya, yakti efektivitasnya dalam mencegah penyebaran sel kanker prostat manusia.

Sementara itu dalam studi tabung reaksi lainnya, ditemukan bahwa ekstrak bunga dan komponennya terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lain. Termasuk kanker payudara, kanker perut, dan kanker kulit.

Namun, perlu diingat, studi tabung reaksi tersebut menggunakan ekstrak Hibiscus sabdariffa dalam jumlah tinggi. Penelitian pada manusia masih memerlukan evaluasi, terutama pengaruhnya terhadap kanker.

7. Mendukung kesehatan pencernaan

Hibiscus sabdariffa dalam bentuk suplemen bersifat diuretik dan tonik. Keduanya dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil dan air besar. Karena ini, kamu bisa terhindari dari sembelit, bahkan kanker kolorektal.

8. Menyembuhkan penyakit batuk dan pilek

Di dalam rosella mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam dosis ringan. Selain itu, vitamin C di dalamnya berperan penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Akumulasi dari seluruh sifat dan kandungan itu bisa dipakai sebagai suplemen untuk membantu mengatasi batuk dan pilek.

BACA JUGA  Warung Makan dan PKL dengan Omzet di Atas Rp.2 Juta Perbulan Wajib Bayar Pajak 10%

9.

Hibiscus sabdariffa kaya akan asam askorbat. Ini adalah senyawa kimia yang juga dikenal sebagai vitamin C. Nutrisi penting ini dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh sudah prima, kamu akan terhindari dari berbagai penyakit akibat bakteri atau virus, seperti flu. Selain itu, ini juga dapat mengatasi ketidaknyamanan akibat demam.

10. Meningkatkan kesejahteraan mental

Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang memberikan efek antidepresan. Kandungan ini bekerja dengan menenangkan sistem saraf dan menurunkan kecemasan. Pada akhirnya, akan menciptakan sensasi rileks pada pikiran dan tubuh.

11. Meredakan nyeri haid

Khasiat terakhir dari bunga rosella adalah meredakan nyeri haid atau dismenore. Kandungan di dalamnya bersifat menenangkan kram dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Tak hanya meredakan nyeri, bunga ini juga dapat memperbaiki suasana hati.

Penulis : Qila