Madika, Palu – Sulawesi Tengah melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, Sudaryano R. Lamangkona, menyebut kondisi alam Sulteng yang indah dan banyak tantangannya, merupakan tempat yang baik untuk olahraga rekreasi dan petualangan.

Selain itu, sebagai sarana promosi bagi kegiatan-kegiatan kepariwisataan, khususnya bagi wisatawan minat khusus.

“Sulawesi Tengah mempunyai karakter alam yang berbeda dengan wilayah lainnya di Indonesia. Bagi pehobby dan pecinta olahraga tantangan, alam Sulawesi Tengah sangat cocok bagi mereka,” ujar Sudaryono saat melepas peserta event Rusdy Mastura Adventure, di Palu, Sabtu, (29/7/2023).

Menurut Sudaryono, Sulteng dianggap tempat terbaik olahraga rekreasi dan petualangan bukan tanpa alasan. Ini karena di Sulteng selain gunung, ada pula sungai dan lembah serta tempat berbatu yang punya nilai kesulitan tinggi bagi  petualang.

BACA JUGA  Faizal Ikuti Rakor Persiapan Kunker IKN

Diketahui, Sulteng juga memiliki berbagai situs megalit yang rencananya akan dicanangkan Pemerintah Provinsi Sulteng. Pelaksanaan pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalit digagas Rusdy Mastura yang akan dilakukan di Desa Watutau, Kecamatan Lore Peore, Kabupaten , pada 28 Oktober 2023.

Adapun lokasi-lokasi Megalit yang berada di Sulawesi Tengah yaitu ; Lembah Bada, lembah Besoa, dan lembah Napu di Kabupaten , Lembah Palu, lembah Kulawi, dan lembah Lindu di Kabupaten Sigi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) , Sudaryano R Lamangkona, mengungkapkan Presiden beserta sejumlah menteri akan diundang dalam pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit.

“Pak berencana akan mengundang Presiden RI bersama beberapa menteri yang terkait dengan urusan kebudayaan dan , untuk dapat hadir bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, Forkompinda Provinsi dan Kabupaten dan Kota, Komunitas Kebudayaan serta masyarakat saat pencanangan,” ungkap Sudaryono saat wawancara dengan GPR-TV Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara virtual.

BACA JUGA  Pemkab Donggala dan Untad Teken MoU di Bidang Pendidikan dan Penelitian

Dia menyebut rencana pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit oleh Gubernur Sulawesi Tengah pada Oktober 2023, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Pencanangan yang akan dilakukan merupakan upaya pelestarian dan tanggung jawab pemerintah daerah bersama masyarakat sebagai pewaris dari situs-situs megalitikum tersebut.

Penulis : Mikel