Madika, Palu – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulteng, Rudi Dewanto, menyampaikan beberapa poin penting yang harus segera dituntaskan sebelum pencanangan Sulteng Seribu Megalit yakni, landasan helikopter, Infrastruktur jalan, areal parkir, MCK, toilet portabel, jaringan air, jaringan listrik, keamanan, atribut budaya, tenda undangan, hingga jaringan komunikasi dan lain sebagainya.

“H-3 semua sudah harus clear. Saya harapkan terjalin komunikasi dan kolaborasi antara Pemprov Sulteng dengan Pemkab Poso demi suksesnya kegiatan ini,” tegas Rudi selaku Ketua Panitia Pencanangan Megalit saat Briefing di lokasi pencanangan.

Rudi didampingi pejabat terkait telah melakukan peninjauan lokasi Pencanangan Negeri Seribu Megalit di Cagar Budaya Megalitik Palindo (Sepe), Desa Kolori Kecamatan Lore Barat Poso pada Kamis, (14/9/2023).

BACA JUGA  Pemerintah Terbitkan PP Nomor 28 Tahun 2024 Tentang Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja

Ia didampingi Kadis , Kadis Cikasda, Kadis Bina Marga, Kadis Santik, Kadis Kebudayaan, Kadis BMPR Sulteng, Karo Umum, Asisten III Pemkab Poso, Tuana Maile Bada, Kabag Protokol, Kabag Rumah Tangga, Camat Lore Barat, Camat Lore Selatan, Kasub Dokumentasi Pimpinan, Kasub Tamu Pimpinan, serta pejabat terkait lainnya.

Diketahui, peninjauan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan lokasi pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit yang akan di helat pada Oktober mendatang. Sebelum melakukan peninjauan, Rudi memimpin rapat persiapan di Danau Poso Resort. Kemudian, melanjutkan perjalanan bersama rombongan menuju ke lokasi pencanangan.

Diketahui, Rusdy Mastura telah mengundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalit pada Oktober mendatang. Undangan disampaikan secara lisan saat kunjungan ke Palu pada Rabu, 30 Agustus lalu.

BACA JUGA  Meriahkan HUT ke-56 PT Vale, Ratusan Purnabakti Lakukan Aksi Bersih Sampah Plastik

“Saya so (sudah) undang secara lisan, Insya Allah bapak Presiden akan hadir kembali di Bumi Negeri Seribu Megalith,” ungkap dalam satu kegiatan baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, kawasan megalitik Lore Lindu sendiri berada di Poso dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Pemprov Sulteng terus berupaya agar situs megalit yang ada di daerah ini bisa terdaftar sebagai warisan dunia melalui UNESCO.

Penulis : Mikel