Madika, Palu – Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Aljufri Palu memperkirakan beberapa wilayah di akan mengalami curah hujan lebat dalam tiga hari ke depan.

“Pada saat ini, sebagian besar wilayah telah memasuki musim penghujan. Beberapa wilayah perlu waspada terhadap potensi hujan lebat dalam tiga hari mendatang,” ujar Fathan Labanu, Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Aljufri Palu, Rabu (24//).

Fathan menyebutkan bahwa beberapa wilayah di , antara lain Buol, , Touna, , dan Morut, serta kemungkinan meluas ke wilayah sekitarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada, terutama di wilayah aliran sungai dan area yang sebelumnya telah mengalami .

Sementara itu, berdasarkan analisis data dari Impact Based Forecast (BMKG), Satgas (PUPR), dan Inarisk (BNPB), diperlukan antisipasi terhadap potensi dengan langkah-langkah seperti memantau kondisi lapangan, menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air), dan mengidentifikasi potensi risiko (wilayah genangan).

BACA JUGA  Disnakertrans Tampung Delapan Konsultasi THR

Koordinasi dengan stakeholder dalam mobilisasi tim siaga bencana dan sumber daya, persiapan tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian, serta penyiapan logistik dan peralatan juga ditekankan untuk menghadapi potensi bencana tersebut.

Masyarakat diimbau untuk siaga bencana, menyelamatkan barang penting ke tempat aman, tetap waspada dan hati-hati saat beraktivitas di luar rumah, menghindari tempat yang berbahaya seperti pohon besar, baliho, dan saluran air/gorong-gorong, serta menyiapkan tas siaga berisi makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dan dokumen berharga.