Madika, – Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan upaya pengurangan sampah plastik di , melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar aksi bersih-bersih di sepanjang pantai Talise, Jumat (23/2/).

Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 3000 tenaga kerja dari 46 kelurahan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lingkungan pemerintahan dan personel TNI juga turut dikerahkan.

Sekretaris Daerah Kota , , mengaku, kegiatan bersih pantai ini merupakan langkah nyata dalam mengurangi sampah plastik yang terdapat di sepanjang pantai Talise.

Ia menyebutkan, sampah plastik yang berhasil dikumpulkan akan ditimbang dan ditukarkan dengan hadiah yang telah disiapkan sebagai bentuk motivasi untuk masyarakat agar lebih peduli terhadap pengelolaan sampah.

“Dengan menukar sampah plastik seberat 1 kilogram, kita tidak hanya mengurangi jumlah sampah di lingkungan, tetapi juga mengedukasi orang lain tentang pentingnya pengelolaan sampah,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pemkot Palu Akan Luncurkan Palu Sport Event, Ajang Olahraga Skala Nasional

Selain itu, Sekkot juga mengakui, kebijakan pembatasan sampah plastik telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan.

Salah satunya adalah penurunan populasi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota .

“Kebijakan ini membawa dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan, seperti berkurangnya jumlah sampah yang masuk ke TPA,” tambahnya.