Madika, Palu – Kota Palu berhasil meraih posisi teratas dalam capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2023 di .

Dalam evaluasi tersebut, Kota Palu berhasil memperoleh skor tertinggi mencapai 83, mengungguli seluruh daerah lainnya di Sulteng.

MCP merupakan yang dikembangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi () untuk memonitor kinerja program pencegahan korupsi dengan memperbaiki tata kelola pemerintahan.

ini merupakan bagian dari strategi pemberantasan korupsi yang digawangi oleh , yang bertujuan untuk mencegah korupsi melalui fungsi supervisi dan monitoring.

Secara umum, MCP memiliki delapan cakupan intervensi, antara lain perencanaan dan penganggaran , pengadaan barang dan jasa, perizinan, kapabilitas aparat pengawasan intern , manajemen Aparatur Sipil Negara (), optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa/kelurahan.

BACA JUGA  Wali Kota Palu Serukan Semangat Kebersamaan Dimomen Kemerdekaan

Dalam capaian MCP Daerah di Sulawesi Tengah tahun 2023, urutan kedua berhasil diduduki oleh Kabupaten Buol dengan skor 73, sementara urutan terakhir atau ke-14 ditempati oleh Kabupaten Utara dengan skor 36.