Madika, Palu – (Hardiknas) ke-60 tahun 2024 menjadi momen penting bagi Pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap program-program pendidikan yang telah dilaksanakan.

Ketua Fraksi PKS Sulteng, Hj Wiwik Jumatul Rofi'ah, menyampaikan bahwa telah memberikan beragam catatan evaluasi kepada dalam rekomendasi yang disampaikan dalam Paripurna, Senin 30 April 2024.

“Dalam rekomendasi tersebut, kami menyoroti beberapa hal yang menjadi fokus perhatian kami, semoga dapat dijadikan pertimbangan oleh pemerintah provinsi,” kata Hj Wiwik.

Salah satu catatan yang disoroti adalah rendahnya serapan anggaran oleh Dinas Pendidikan. “Kami sempat terkejut ketika Dinas Pendidikan melaporkan bahwa serapan anggarannya baru mencapai di bawah 30 persen. Meskipun diklaim sebagai kesalahan pengetikan data, namun kami masih menunggu update data yang akurat,” ujarnya.

Pansus merekomendasikan agar mengevaluasi kinerja dinas-dinas yang memiliki serapan anggaran di bawah 50 persen, termasuk Dinas Pendidikan.

BACA JUGA  DPRD Sigi Minta Ketegasan Satgas Covid-19

Selain itu, pemerataan bantuan kepada -sekolah negeri juga menjadi perhatian. “Dari hasil telaah Pansus , terungkap bahwa ada sekolah negeri di Kota Palu yang menerima bantuan dengan nilai yang cukup besar, sementara ada SMK Negeri di Luwuk yang kondisinya memprihatinkan namun tidak mendapatkan bantuan,” ungkapnya.

Fraksi PKS berharap bahwa momen Hardiknas tahun ini dapat menjadi momentum bagi pemerintah provinsi untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap masalah pendidikan.

“Pendidikan saat ini adalah cerminan dari masa depan bangsa,” tegas Hj Wiwik.