Madika, Jakarta – Ketua Desk Pilkada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Halim Iskandar, menyatakan bahwa dan Anwar Hafid masing-masing berpeluang diusung PKB sebagai bakal calon di Pilkada Provinsi Sulawesi Tengah.

“Memang dua-duanya potensial, kami harus hati-hati betul mengambil keputusan. Tunggu sebentar lagi,” kata Halim di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (3/6/2024).

saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai NasDem. Sebelumnya, ia menjadi pelatih kepala di Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada Pemilihan Presiden 2024. Partai NasDem sendiri memiliki delapan kursi di DPRD Sulawesi Tengah .

Sementara itu, Anwar Hafid adalah Ketua DPW Partai Demokrat Sulawesi Tengah dan Anggota periode 2019-2024, serta terpilih kembali untuk periode 2024-2029. Partai Demokrat juga memiliki delapan kursi di DPRD Sulawesi Tengah hasil Pemilu 2024.

BACA JUGA  Ribuan Warga Lero Sambut Meriah Anwar Hafid dan dr. Reny Lamadjido

Untuk mengusung satu pasangan calon di Pilkada Sulteng, dibutuhkan dukungan 20 persen dari 55 kursi DPRD Sulawesi Tengah periode 2024-2029. PKB sendiri saat ini memiliki lima kursi hasil Pemilu 2024.

“Sama-sama punya potensi dan berpeluang. Keduanya, dan Anwar Hafid, sudah mengikuti uji kompetensi dan kepatutan (UKK) yang dilaksanakan Desk Pilkada PKB,” jelas Halim.

Saat ini, PKB tinggal menunggu rekomendasi tahap satu untuk bakal calon yang diusung di Pilkada Sulawesi Tengah.

Dari 37 provinsi di Indonesia, PKB baru mengeluarkan rekomendasi tahap satu untuk bakal calon Provinsi Papua Tengah atas nama Willem Wendik.

Halim menegaskan bahwa saat ini PKB belum mengeluarkan rekomendasi final untuk calon gubernur se-Indonesia.

BACA JUGA  Ahmad Ali Dorong Pilkada Sulteng Jadi Ajang Adu Gagasan, Bukan Serangan Personal

Sementara itu, dari 508 /kota yang melaksanakan Pilkada di seluruh Indonesia, PKB telah mengeluarkan rekomendasi final untuk 35 /kota.