Madika, Palu – Siswa SD asal Buol, Rifka Naomi, berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Bertutur yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur Sulteng, Sabtu (29/6/2024).

Lomba Bertutur tingkat tahun 2024 ini diikuti oleh 12 peserta perwakilan dari berbagai dan kota di Sulteng.

Banggai Kepulauan menjadi satu-satunya daerah yang tidak mengikutsertakan peserta dalam lomba ini.

Kepala Dispusaka , Drs. I Nyoman Sriadijaya, memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba.

Berdasarkan penilaian dewan juri yang diketuai oleh Dr. H. Gazali, bersama timnya Jamrin Abu Bakar dan Sofianti Bantara, Rifka Naomi dari dinobatkan sebagai juara pertama.

BACA JUGA  Konsolidasi Pemenangan dan Bedah Dapil PKS Parigi Moutong

Juara kedua diraih oleh Tzakip Alterzarey dari Kota Palu, sementara juara ketiga diperoleh Neylsa Pricilia Abby dari Kabupaten Banggai.

Peringkat keempat, kelima, dan keenam masing-masing diraih oleh Pelangi Ayudia Kinara dari , Inayah Adzkia Atifa dari Kabupaten Sigi, dan Nasyatul Dian Mahri dari Kabupaten Parigi Moutong.

Drs. I Nyoman Sriadijaya membuka lomba tersebut dengan harapan bahwa pada pelaksanaan lomba tahun depan, semua kabupaten dan kota di dapat berpartisipasi.

Ia menekankan bahwa Lomba Bertutur ini merupakan bagian dari program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi sejak dini.

“Atas nama dinas, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Nyoman Sriadijaya dalam sambutannya.

BACA JUGA  Wali Kota Minta Gubernur Hentikan Aktivitas Tambang di Tipo

Lomba Bertutur ini diintegrasikan sebagai bagian dari proses belajar siswa-siswi, dengan tujuan meningkatkan budaya baca dan literasi sejak dini.

Lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga sebagai bentuk apresiasi dan motivasi di tingkat nasional melalui jalur sekolah tingkat dasar.

Pola apresiasi ini diharapkan dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan oleh Perpustakaan Nasional dengan melibatkan berbagai pihak seperti sekolah, masyarakat, lembaga , serta jalur lainnya.