Madika, – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Palu turut serta sebagai narasumber pada kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTs Pusat Palu untuk Tahun Pelajaran 2024/2025.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 17 Juli 2024 di Aula MTs Pusat Palu.

Kepala yang diwakili oleh Andi Chandra (Pranata Humas Ahli Muda) memberikan materi bertema “Cerdas Bermedia Sosial di Era Keterbukaan Informasi Publik.”

Andi Chandra menjelaskan pentingnya sebagai pengetahuan dan kecakapan dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi dan jaringan internet.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data, rata-rata durasi penggunaan media sosial setiap tahun terus meningkat.

BACA JUGA  Jadi Pembicara di Depan Peserta Bimteknas Aleg, Wiwik Presentasi Filosofi Perda

“Media sosial dapat dengan mudah mengubah cara kita bersikap dan berpikir, serta mempengaruhi perilaku individu dan manusia,” kata Andi.

Ia juga menjelaskan bahwa digitalisasi merujuk pada proses mengubah informasi dari bentuk analog menjadi format digital, memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan dan sumber daya melalui internet.

Tantangan saat ini adalah banyaknya arus informasi dan konten negatif di media sosial, sehingga diperlukan kecakapan sebagai “tameng.”

Dalam kampanye literasi digital, terdapat utama: Keterampilan Digital, Budaya Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital.

Andi Chandra juga mengajarkan cara mengenali berita hoaks dan menjelaskan perbedaan antara misinformasi dan disinformasi melalui simulasi permainan.

BACA JUGA  KKJST Diharap Menyukseskan Pilkada 2024

berharap dengan kecakapan literasi digital, para siswa dapat bermedia sosial dengan cerdas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang selalu berubah.