Madika, Palu – Ahmad Ali mengungkapkan keprihatinannya terhadap berbagai masalah yang masih dihadapi kepala desa di .

Ia menilai, masalah tersebut berdampak pada pembangunan daerah yang dimulai dari tingkat desa.

Hal itu disampaikan Ahmad Ali setelah menerima kunjungan dari ratusan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Desa Seluruh (APDESI) pada 25 Juli 2024.

Sebagai bakal calon gubernur, Ahmad Ali menerima sejumlah keluhan dari para kepala desa, terutama terkait minimnya dana operasional.

Untuk itu, Ahmad Ali berkomitmen meningkatkan kesejahteraan kepala desa dengan mengalokasikan sebagian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah () untuk bantuan keuangan operasional kepala desa.

“Apabila mendapatkan amanah menjadi Gubernur periode 2024-2029, saya ingin memastikan memberikan bantuan keuangan yang bersumber dari bagi setiap desa dengan besaran dari Rp15 juta hingga Rp50 juta per desa,” katanya.

BACA JUGA  Andi Mulhanan Tegaskan Dukungan Pribadi untuk Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri di Pilgub Sulteng 2024

Bantuan dari tersebut diharapkan dapat digunakan untuk menunjang kinerja kepala desa dalam bentuk biaya operasional sesuai dengan regulasi yang berlaku, dan akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Ahmad Ali meyakini bahwa dengan meningkatnya kesejahteraan kepala desa, proses pembangunan di daerah yang dimulai dari desa akan lebih mudah tercapai.

Selama ini, banyak kepala desa yang bermasalah karena terjerat penyalahgunaan dana desa lantaran kesejahteraannya belum terjamin, termasuk masalah biaya operasional yang minim membuat kepala desa kesulitan dalam menjalankan tugas sebagai desa.