Madika, Palu – Popularitas bakal calon (Bacagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) tercatat melalui mesin penelusuran Google. Berdasarkan kueri nama Bacagub yang paling banyak dicari oleh pengguna internet di wilayah Sulawesi Tengah, muncul tiga kandidat utama, yakni Ahmad Ali, , dan .

Hingga kini, dua nama yang hampir bisa dipastikan sebagai kandidat adalah Ahmad Ali dan , karena telah memenuhi syarat dukungan partai.

Sementara masih berupaya mendapatkan dukungan dari partai tersisa, seperti Golkar, Perjuangan, dan Perindo.

Berdasarkan data Google, popularitas Ahmad Ali di wilayah Sulawesi Tengah masih mengungguli dua kandidat lainnya.

Dalam 12 bulan terakhir, kueri “Ahmad Ali” mencatat 58% pencarian, lebih tinggi dibandingkan “Anwar Hafid” yang hanya 42%. Puncak pencarian untuk Ahmad Ali terjadi pada 14-20 April, dengan nilai 75.

BACA JUGA  Bawaslu Rekomendasikan Coklit Ulang DPT Pilkada 2020

Sementara itu, pencarian untuk Anwar Hafid meningkat drastis pada 14-20 Juli , mencapai nilai 100, namun pencarian ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia, tidak hanya di Sulawesi Tengah.

Google menggunakan nilai antara 0-100 untuk menunjukkan popularitas istilah pencarian. Nilai 100 berarti istilah tersebut berada di puncak popularitas, sedangkan nilai 0 menunjukkan tidak cukup data.

Dalam 30 hari terakhir (periode 30 Juni – 31 Juli ), popularitas Ahmad Ali tetap unggul dengan 55% dibandingkan Anwar Hafid yang mencapai 45%.

Begitu pula dalam periode 7 hari terakhir, Ahmad Ali unggul dengan 52%, sementara Anwar Hafid mendapatkan 48%.

Jika dibandingkan dengan , dalam 12 bulan terakhir Ahmad Ali mengungguli dengan 43%, diikuti Anwar Hafid dengan 31%, dan Rusdy Mastura dengan 26%.

BACA JUGA  Ahmad Ali: Pasar Jadi Indikator Menilai Kondisi Perekonomian

Data 30 hari terakhir menunjukkan Ahmad Ali di angka 44%, Anwar Hafid 35%, dan Rusdy Mastura 21%. Dalam 7 hari terakhir, Ahmad Ali tetap unggul dengan 41%, Anwar Hafid 37%, dan Rusdy Mastura 22%.

Grafik Google menunjukkan minat pencarian untuk Anwar Hafid dan Rusdy Mastura meningkat dalam sebulan terakhir, sedangkan minat pencarian untuk Ahmad Ali tetap konsisten selama setahun terakhir hingga saat ini.

Angka yang ditampilkan merupakan minat penelusuran berdasarkan poin tertinggi pada diagram Google untuk pencarian berdasarkan wilayah dan waktu pencarian.

Istilah atau kueri penelusuran adalah frasa atau kombinasi kata yang diketikkan oleh pengguna internet saat mencari hal menarik menggunakan mesin penelusuran Google.

BACA JUGA  Parpol Diberi Waktu Memperbaiki atau Mengganti Ba Caleg yang TMS

Kueri terkait yang paling sering digunakan untuk Ahmad Ali dan Anwar Hafid adalah “”.