Madika, Morowali – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 , (IGP) Morowali menggelar serangkaian kegiatan yang menegaskan komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, pelestarian budaya, dan keberlanjutan lingkungan.

Kegiatan ini berlangsung selama sepekan, mulai Minggu, 21 hingga 28 Juli 2024, di sejumlah area pemberdayaan IGP Morowali.

Kegiatan peduli lingkungan diawali dengan aksi bersih pantai dan penanaman .200 bibit pohon kelapa dan .

Langkah ini bertujuan untuk mendukung restorasi ekosistem pesisir yang vital bagi keseimbangan alam dan mitigasi iklim.

Head of Health Safety Environment & Risk IGP Mine & JV, Oktavianus Riza Ganna, menegaskan pentingnya tindakan ini sebagai wujud komitmen terhadap prinsip-prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) yang merupakan bagian integral dari budaya perusahaan.

BACA JUGA  PT Vale Raih Tujuh Penghargaan dalam Eco-tech Pioneer and Sustainability Award 2024

“Meskipun bergerak di industri ekstraktif, kami percaya bahwa praktik-praktik pertambangan yang baik adalah landasan untuk menjaga bumi dan keseimbangan alam, serta memberdayakan masyarakat,” tegasnya.

Selain peduli lingkungan, IGP Morowali juga fokus pada pemberdayaan masyarakat, terutama generasi muda atau Gen Z.

Mereka mengadakan Seminar Growth Mindset dan Pengenalan Kecerdasan Buatan (AI), serta sosialisasi tentang bahaya narkoba, minuman keras, HIV, dan safety riding untuk anak sekolah guna mendukung pengembangan talenta lokal.

Pekan Lestari Budaya dan Kesejahteraan Karyawan

Puncak perayaan ditandai dengan Perayaan Pekan Lestari Budaya Morowali yang meriah, dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan Desa.

BACA JUGA  PT Vale Indonesia Raih Kinerja Positif di Tengah Tantangan Industri

Direktur & Chief of Sustainability and Corporate Affairs Officer PT Vale Indonesia, Bernardus Irmanto, menekankan pentingnya sinergi dengan komunitas lokal dalam menjaga kearifan lokal dan keberlanjutan proyek.

Dengan perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), PT Vale berkomitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek seperti Blok dengan mempertahankan praktik pertambangan yang berkelanjutan dan perlindungan lingkungan yang baik.

“Kami berharap masyarakat dan pemerintah terus mendoakan kami agar proyek ini berjalan lancar. Proyek bisa selesai sesuai waktu yang telah ditentukan, dengan tetap mengutamakan kesejahteraan masyarakat, budaya, serta menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Pekan Lestari Budaya juga diramaikan dengan berbagai acara tradisional, termasuk lomba mehule (gasing) dan tari luminda, serta pengukuhan Dewan Adat Kecamatan Timur.

BACA JUGA  Di Hadapan Pertamina, DPRD Soroti Antrean di SPBU

Selain melestarikan budaya, PT Vale IGP Morowali juga meluncurkan program bantuan makanan tambahan untuk balita stunting dan ibu hamil, serta mendukung pertanian organik dengan penanaman padi SRI organik di area pemberdayaannya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, PT Vale menggelar Employee Lunch Gathering yang bertujuan memperkuat kolaborasi dan semangat kebersamaan di antara seluruh tim IGP Morowali.

“Employee Lunch Gathering berlangsung dengan mengusung konsep di mana para leader menyajikan makanan untuk seluruh karyawan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan kebersamaan,” tambahnya.