Madika, Palu – Badan Pengawas (Bawaslu) Sulawesi Tengah (), memastikan seluruh bakal pasangan calon (bapaslon) dan wakil mengikuti seluru rangkaian tahapan pemeriksaan .

Ketua Bawaslu , Nasrun menjelaskan, dari tiga pasangan bapaslon yang mendaftar ke seluruhnya mendapat pengawasan yang sama disetiap rangkaian pemeriksaan di RSUD Undata.

“Kami memastikan bahwa semua kandidat benar-benar menjalani seluruh item pemeriksaan kesehatan. Meskipun kami tidak masuk ke dalam ruang pemeriksaan, kami memantau agar kandidat mengikuti semua tahapan yang telah ditentukan,” ujar Nasrun, Sabtu (31/8/2024).

Nasrun menambahkan, berdasarkan pemantauan seluruh proses pemeriksaan berlangsung lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA  Rusman: Gedung PKS Harus Jadi Rumah Aspirasi Rakyat

“Alhamdulillah, semua berjalan normal sesuai dengan prosedur,” jelasnya.

Mengenai hasil pemeriksaan kesehatan, Nasrun menegaskan bahwa peran Bawaslu hanya sebatas memantau proses, bukan menilai hasilnya.

Hasil pemeriksaan kesehatan akan diserahkan oleh tim dokter kepada Komisi Pemilihan Umum () sebagai bagian dari persyaratan kelengkapan pencalonan.

Bawaslu akan menerima informasi mengenai hasil pemeriksaan tersebut setelah pengumuman resmi pada 22 September 2024.

“Harapan kami, semua kandidat dapat menjalani pemeriksaan ini dengan baik hingga penetapan nanti,” tandas Nasrun.