Madika, Palu – Mantan Palu periode 2016-2021, Dr. MSi, kembali maju dalam Pemilihan Kepala Daerah () kali ini bersama pasangannya, Andi Nur B. Lamakrate.

Pasangan yang dikenal dengan julukan Salam Hormat Handal ini menegaskan komitmennya untuk memberikan perhatian khusus kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palu, yang masih membutuhkan pendampingan dan dukungan dari pemerintah.

menekankan bahwa para merupakan elemen penting yang dapat menarik minat wisatawan lokal, nasional, maupun mancanegara untuk mengunjungi dan menetap di Palu sebagai destinasi wisata.

Menurutnya, jika UMKM berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan wisatawan, kota Palu akan meningkat, yang secara otomatis akan menurunkan angka kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

BACA JUGA  Pernah Tersandung Money Politik, Mantan Kader Hanura Gabung ke Demokrat

“Jika pelaku usaha kita bina, dampingi, dan beri dukungan, saya yakin lapangan pekerjaan akan terbuka lebar. masyarakat pun akan stabil, sehingga tingkat pengangguran dapat diatasi dan kesenjangan sosial serta kriminalitas akan berkurang dengan sendirinya,” ujar .

Selama menjabat pada periode 2016-2021, Hidayat mengklaim telah membuktikan komitmennya dengan memberikan berbagai bentuk bantuan usaha kepada di Palu, termasuk usaha batu marmer lokal, usaha pembuatan kue, pakan ternak, tusuk sate, tali tambang, dan olahan batok kelapa. Namun, ia menyayangkan bahwa banyak usaha tersebut tidak berjalan lagi setelah ia tidak menjabat.

“Jika saya kembali dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin, saya akan kembali menghidupkan usaha-usaha tersebut serta memperkuat sektor lainnya, agar semakin banyak orang yang tertarik untuk datang ke Palu dan menjadikannya sebagai kota destinasi,” tambahnya.

BACA JUGA  Setujui RPJMD, PKS Soroti Ketimpangan Pembangunan

Lia, seorang di Vatutela, Kelurahan Tondo, dalam kampanye resmi pasangan Salam Hormat Handal pada Jumat, 18 Oktober 2024, menyampaikan pertanyaannya terkait visi-misi pasangan ini dalam membangun kemitraan dengan sektor swasta guna mendukung pengembangan pariwisata dan industri di Palu. Ia mengaku selama ini belum pernah menerima dukungan dari pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Hidayat menjelaskan bahwa selama masa jabatannya, banyak mitra swasta yang turut mendukung pelaku usaha di Palu.

Ia mencontohkan pembagian gerobak dan lapak dari container secara gratis kepada pelaku usaha, serta revitalisasi Pasar Bambaru yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin agar nyaman untuk berbelanja.

Rahman, seorang penjual kelapa muda, juga menyatakan dukungannya terhadap program pasangan Salam Hormat Handal yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat melalui dukungan kepada pelaku usaha.

BACA JUGA  Normalisasi Sungai Hingga Penerangan Jalan Dikeluhkan Warga di Reses Irsan Satria

Ia berharap jika pasangan ini terpilih, mereka bisa memulihkan kepercayaan pelaku usaha terhadap pemerintah.

“Saya berharap, pemerintah tidak lagi memberatkan kami dengan aturan yang tidak berpihak pada masyarakat. Kami butuh dukungan dan pendampingan agar bisa mandiri dalam menjalankan usaha,” ujar Rahman.

Ia juga mengkritik kebijakan pemerintah saat ini yang dinilainya tidak memberikan bantuan yang dibutuhkan, melainkan memberatkan pelaku usaha dengan retribusi.

“Saat Hidayat menjabat, tidak ada pungutan yang menyusahkan pelaku usaha seperti saya. Malah, saya mendapat bantuan modal dan pendampingan,” tutupnya.