Madika, — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota menggelar debat pertama untuk Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota , Senin (21/10/2024).

Debat ini dihadiri oleh para kandidat yang akan bertarung dalam Pilkada 2024, Komisioner KPU Kota Palu, unsur Forkopimda, Bawaslu, tim panelis, ketua tim perumus debat, serta pendukung masing-masing pasangan calon.

Ketua KPU Kota Palu, , membuka acara dengan menyampaikan bahwa tema debat kali ini adalah “Menyejahterakan Masyarakat dan Memajukan Kota Palu.”

Ia menegaskan pentingnya debat ini sebagai sarana bagi calon untuk memperkenalkan visi, misi, dan program kerja guna meyakinkan para pemilih.

“Kampanye ini harus dijaga dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, serta meningkatkan moralitas, nilai agama, dan kesadaran hukum,” kata dalam sambutannya.

juga mengingatkan pentingnya memberikan informasi yang benar, seimbang, dan bertanggung jawab, serta menghormati perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan dalam masyarakat. Ia menekankan bahwa Pilkada harus berjalan dengan aman, damai, tanpa politisasi SARA, atau .

BACA JUGA  Anca Lamakarate: Saya Butuh Sosok Penuntun

“Dengan waktu tersisa 36 hari menuju pemungutan suara pada 27 November 2024, mari kita tingkatkan dan menghargai proses demokrasi,” tambah Idrus.

KPU Kota Palu, lanjutnya, terus melakukan pendidikan pemilih yang mencakup berbagai kelompok masyarakat, termasuk penyandang disabilitas, kelompok marginal, , serta pemilih muda.

Idrus berharap debat ini dapat menjadi sarana mempererat silaturahmi dan menjaga persaudaraan di tengah kontestasi politik yang sedang berlangsung.