Madika, Palu- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditas Lembaga Kerja (LPK) di Palu, Kamis 2 Juni 2022. Kegiatan tersebut merupakan program pendidikan dan vokasi yang diikuti peserta sebanyak 10 orang. Peserta berasal dari beberapa /kota di wilayah Provinsi .

Pelaksanaannya berlangsung selama selama dua hari dengan menghadirkan narasumber/ pemateri yakni Budiman Arief selaku Anggota LA-LPK Jakarta, Agus Milad Jamal Anggota LA-LPK Jakarta dan Muhammad Darma Halwi Ketua KA-LPK .

Dalam kesempatan ini, Kepala Disnakertrans Provinsi , , mengungkapkan Tingkat pengangguran Terbuka (TPT) mengalami penurunan pada Februari 2022.

“Berdasarkan data BPS, TPT Februari 2022 sebesar 3,67 persen, turun sebesar 0,06 persen poin dibandingkan dengan Februari 2021,” ungkapnya.

Dikatakan, solusi pengembangan kualitas sumber daya manusia dilakukan melalui berbagai kebijakan strategi dan program penanggulangan pengangguran salah satunya melalui pelatihan di LPK.

BACA JUGA  Adidjoyo Lepas Pensiunan Widyaiswara

“Perbaikan kualitas LPK dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang kompeten sehingga LPK perlu diakui melalui status Akreditasi. Tujuannya memberi pengakuan formal yang menyatakan bahwa LPK telah memenuhi syarat melakukan kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi sehingga LPK memperoleh kepercayaan dari masyarakat,” ujar Kadis.

Adapun delapan standar yang harus dimiliki oleh lembaga pelatihan kerja meliputi : Kompetensi kerja; Kurikulum Pelatihan; Materi dan proses pelatihan; Asessment pelatihan; Instruktur dan tenaga pelatihan; Sarana dan prasarana; Manajemen lembaga pelatihan; dan Pembiayaan lembaga pelatihan.

Pembukaan Bimtek turut dihadiri Sekretaris Dinas Nakertrans Rusmiadi, Kepala Bidang P5TK Anita Hardaningsih, Kepala Bidang PHI dan Pengawasan Ketenagakerjaan , dan para Pejabat Administrator lainnya serta Pejabat Fungsional Lingkup Disnakertrans Provinsi . (*)

BACA JUGA  Berjalan Ditengah Pandemi, Partisipasi Pemilihan Di Sigi Mencapi 82,92%