, – Warga Kota diminta aktif sukseskan pendataan Registrasi (Regsosek) oleh petugas Badan Pusat Statistik (BPS).

Imbauan disampaikan langsung ketua Kota , Armin Saputro saat menerima kunjungan petugas BPS, Senin (17/10/2022).

Menurut Armin, peran serta masyarakat adalah hal utama suksesnya setiap program pemerintah. “Saya mengajak semua pihak untuk mensukseskan pendataan Regsosek. Terutama para pengusaha di kota Palu agar dapat memberikan informasi yang benar terkait usahanya,”imbaunya.

Regsosek sendiri merupakan program pendataan berbasis data seluruh penduduk, mulai dari kondisi , profil, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan pelbagai data kependudukan dan basis data lainya.

Data tersebut nantinya akan digunakan pemerintah untuk menjalan program dan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau nantinya ada bantuan, pemerintah tinggal melihat data Regsosek. Jadi saya harap semua menerima petugas yang datang dan memberikan jawaban yang sebenar-benar,”lanjut Armin.

BACA JUGA  Polarisasi Politik Jelang Pemilu 2024 Harus jadi Perhatian Semua pihak

Pendataan sendiri akan dilakukan dengan metode wawancara langsung oleh petugas sensus.

Usai pendataan, data tersebut akan diolah oleh BPS dan melakukan uji publik melibatkan Lurah dan RT disetiap lokasi untuk memastikan akurasi data yang dikumpulkan pada bulan Maret 2023.

“Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi , ekonomi, dan tingkat kesejahteraan setiap kepala keluarga,”kata Kepala , G.A Nasser.

Lanjut Nasser, Regsosek merupakan Langkah pemerintah dalam membuat data kependudukan tunggal. Sehingga program yang dilaksanakan dapat terintegrasi, efisien dan tidak ada tumpang tindih.(*)