Madika, – Beragam pakaian mulai dari baju adat dari wilayah di Sulawesi Tengah hingga Islami mewarnai karnaval seni dengan tema Lintas Budaya dan etnis.

Karnaval yang di ikuti oleh peserta dari komunitas sanggar seni dan masyarakat setempat ini merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan Mandura dan fair 2023.

Ketua panitia Fair Akbar mengatakan kegiatan karnaval adalah yang pertama digelar di festival fair. Menurutnya karnaval memberikan warna sendiri di Festival .

“Jadi kami ingin memberikan warna baru di dengan adanya karnaval dengan konsep melibatkan semua sanggar seni untuk berpartisipasi,”Jelasnya, Sabtu (29/4/2023).

BACA JUGA  35 Peserta Meriahkan Lomba Islami Di mesjid Jami Kelurahan Baru

Selain sanggar seni dan komunitas, pihaknya juga melibatkan para warga di Kampung baru sendiri.

Terkait kostum yang dikenakan menurut Akbar sesuai dengan tema yang ada yaitu “Karnaval Seni Budaya Dan Etnis”.

Setidaknya ada sembilan regu yang mengikuti karnaval dengan menggunakan kostum mulai adat kaili, Busana muslim dan kostum lainnya.

“Para Peserta kemudian melakukan pawai berkeliling rute yang telah ditentukan oleh panitia . Dimana nantinya pemenang dari kostum Karnaval mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta rupiah.” Akbar menjelaskan.

2023 sendiri, merupakan kegiatan yang dihadirkan untuk mengangkat Mandura, Dimana Mandura merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh warga setempat pada sepekan Idul Fitri, dengan menyajikan Mandura yaitu makanan khas suku Kaili yang terbuat dari beras ketan.

BACA JUGA  Muharram Nurdi Apresiasi Jendral Ops Madago Raya

Penulis : Qila