Madika, Palu – Ketua Provinsi (Sulteng) Alimuddin Paada berharap Sulteng ini memiliki perguruan tinggi pelayaran atau sendiri.

Hal itu diutarakannya saat mewakili Ketua Sulteng dalam wisuda lulusan dan pelepasan alumni SMK Negeri 7 Palu, Senin (15/5/2023).

Alimuddin menjelaskan, lulusan pelayaran Sulteng sudah berada dimana-mana, bahkan hingga kemancanegara.

“Kedepannya sulteng harus mempunyai perguruan tinggi khusus pelayaran atau baik itu negeri maupun swasta.” katanya dalam sambutan.

Garis pantai Sulteng yang begitu luas, bisa menjadi potensi yang dikembangkan dengan membangun pelabuhan dilengkapi sarana dan prasarana. Baik pelabuhan penyeberangan maupun pelabuhan perikanan.

Sehingga pertumbuhan dan perputaran akan semakin meningkat dan membaik, serta bertujuan untuk memudahkan bagi para anak-anak pelayaran dalam melakukan praktek lapangan, karena selama praktek lapangan harus keluar daerah.

BACA JUGA  Kunker ke Pasangkayu, DPRD Sigi Belajar Pengembangan Tanaman Porang

Sementara Kepala Ashar menyampaikan, jumlah taruna taruni yang lulus dan diwisuda sebanyak 69 orang terdiri dari tiga jurusan yakni nautika kapal penangkapan ikan, nautika kapal niaga, dan agribisnis pengolahan hasil perikanan.

Turut hadir Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang dan Pembangunan Farid R.Yotolembah, Kadis Perhubungan Provinsi Sulteng Sumarno, Kasubag Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng Uriani, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng, serta para tamu undangan lainnya.

Penulis : Redaksi