Madika, Masyarakat Siranindi menggelar Festival Tangga Banggo ke 4 Kelurahan Siranindi, Kecamatan Barat, Kota , Jumat (8/9/2023).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gimba yang dilakulan langsung oleh Reny Lamadjido didampingi sejumlah pejabat.

Festival Tangga banggo ini diramaikan dengan berbagai rangkaian kegiatan di antaranya, Parade Budaya, Malam Budaya Jawa, Malam , Lomba Busana Tradisional Kaili, Kuliner Tradisional, Pameran, , UMKM, Pagelaran Musik, dan lainnya.

Ketua Panitia Festival Tangga Banggo Munajad Rifai mengatakan kegiatan tersebut sudah jadi agenda tahunan Pemerintahan dalam hal ini Dinas .

Menurutnya ide pertama kali muncul dari sekelompok pemuda di Kelurahan Siranindi yang ingin mengangkat nilai luhur berkonsep Tangga Banggo.

BACA JUGA  Wawali Ajak Wirausaha Muda Berinovasi dan Mandiri

Menurutnya tangga Banggo adalah sebuah Baruga dimana lokasi pertemuan raja dan para tetua adat di Palu bertempat di Kelurahan Siranindi, Kecamatan Palu Barat.

“Nah dari pertemuan itulah kami pemuda di Siranindi mengangkat ada nilai-nilai luhur, bahwa setiap persoalan harus dibicarakan dalam suatu wadah, dan wadah itulah kami angkat dengan berbagai keberagaman yang ada di Siranindi, untuk menyatukan keberagaman tersebut,” Jelasnya.

Sementara Reny memberikan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya atas terselenggaranya Festival Tangga Banggo tahun 2023 kali ini.

Menurut, acara ini sangat luar biasa. Apalagi salah satu rangkaian kegiatannya melibatkan para UMKM untuk membantu perekonomian masyarakat.

berkomitmen, Festival Tangga Banggo selanjutnya akan kembali dianggarkan oleh Pemerintah Kota Palu, sebagai wujud pelestarian budaya di Kota Palu.

BACA JUGA  Gubernur Sulteng Buka Muswil HIMPSI

“Sebagai wujud apresiasi, kita akan bangun tugu Tangga Banggo. Silahkan ajukan proposalnya,” kata wakil wali kota.

Dengan adanya Tugu Tangga Banggo, lanjut wakil wali kota, akan menjadi icon baru di Kelurahan Siranindi, mengingat ada banyak cerita di balik Tangga Banggo itu sendiri.

Penulis : Qila