Madika, – Berdasarkan data Dinas Kasus HIV/AIDS rentang Januari hingga Agustus 2023 mengalami peningkatan 184 Kasus, terdiri dari 172 HIV, 12 kasus AIDS dan 9 orang dinyatakan meninggal dunia.

“Iya meski peningkatan tidak terlalu tinggi, ada kenaikan sekitar 40 sampai 50 persen dimana dibandingkan pada tahun lalu di bulan yang sama” Ujar Kepala Dinas dr. Rohmat.

Ia menyampaikan Kasus HIV/AIDS didominasi dari Golongan usia muda hingga dewasa yaitu 24 hingga 49 Tahun.

“Untuk penyebaran kasus didominasi oleh kelompok laki-laki dengan jumlah 150 kasus di 2023,” Katanya.

Ditambahkan, kasus HIV/AIDS sebagian besar penularan penyakit ini melalui hubungan seksual, heteroseksual maupun Homoseksualitas, yang tidak aman.

Langkah-langkah proaktif terus dilakukan seperti, edukasi mengenai AIDS, pemberian tes HIV yang lebih mudah diakses, dan peningkatan sumber daya untuk penanggulangan penyakit ini.

BACA JUGA  Penanganan Pascabencana Sulteng Sudah Serap Rp18 T

Lembaga juga bekerja sama dengan organisasi non- dan komunitas lokal untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang HIV/AIDS dan pentingnya pencegahan.

“Pengungkapan kasus HIV/AIDS akan lebih mudah. Karena orang yang sadar dan melakukan tes HIV, Seseorang juga baru bisa dikatakan mengidap HIV/AIDS jika sudah melalui hasil tes. Ini merupakan salah satu keberhasilan para Nakes dan juga lembaga peduli AIDS untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mau untuk melakukan tes,” Jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk mencegah penularan HIV/AIDS, dengan melakukan hubungan seks yang aman, tidak berganti ganti pasangan, hindari dengan penggunaan jarum suntik secara bersama, dan setia dengan pasangan.

BACA JUGA  32 Atlet Gateball Sulteng Siap Bersaing di Kualifikasi PON

Penulis : Qila