Madika, Palu – resmi menutup layanan belanja online, pada Rabu (4/10/2023). Tepat pukul 17.00 WIB, aplikasi tak lagi memunculkan logo tas belanja ditampilan utama media (medsos) asal China tersebut.

Hal ini tentunya berdampak, khususnya pedagang atau seller yang terbiasa menjual barang dagangannya di platform Shop.

Penutupan membuat para seller tersebut tidak bisa lagi menjual barangnya melalui fitur .

Meski telah ditutup, namun ada beberapa platform media yang dapat menjadi pertimbangan untuk berjualan secara live.

Instagram Live:

Instagram Live memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan pengikut Anda. Anda dapat melakukan streaming langsung dari akun Instagram Anda dan menjual produk atau layanan Anda sambil berkomunikasi dengan audiens Anda secara real-time.

BACA JUGA  Warisan Budaya Wayang: Mempererat Silaturahmi dan Kebijaksanaan Antargenerasi

YouTube Live:

YouTube juga menyediakan fitur livestreaming. Anda dapat menggunakan YouTube Live untuk mengadakan sesi penjualan langsung, memperkenalkan produk atau layanan, dan berinteraksi dengan pemirsa melalui komentar.

Facebook Live:

Facebook Live adalah platform lain yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan Facebook Live, Anda dapat mencapai audiens yang sudah ada di Facebook dan melakukan streaming langsung dengan mudah. Anda juga dapat mengundang teman-teman Anda untuk berbagi siaran langsung Anda.

Selain itu, tergantung pada jenis produk atau layanan yang Anda jual, Anda juga bisa mencari platform khusus untuk bisnis Anda.

BACA JUGA  Moussa Diaby dan Jude Bellingham Menuju Santiago Bernabeu!

Penting untuk memilih platform yang sesuai dengan target audiens Anda dan jenis yang ingin Anda bagikan.

Penulis : Qila