Madika, Palu – Anggota Komisi X dari , Hj. Sakinah Aljufri mengajak masyarakat Provinsi untuk membiasakan diri dengan budaya membaca. Hal itu dikemukakan, karena saat ini berada diurutan ke 33 terkait literasi.

“Saat ini kita berada di peringkat lima, dari bawah. Ini sangat memprihatikan,” kata Sakinah.

Dijelaskan, literasi memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sekedar menambah wawasan, tetapi juga memberikan ilmu serta dapat dipastikan mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, literasi juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sehingga perlu sedari dini, masyarakat membiasakan diri untuk membaca.

“Dengan membaca orang akan tau banyak hal, yang secara otomatis akan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian mereka,” lanjut Sakinah.

Sejak duduk di , Sakinah mengaku selalu memfasilitasi pengadaan 1000 buku bacaan bagi penggiat literasi di . Hal itu diakuinya dapat naik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA  Inter Milan Melaju ke Puncak Klasemen dengan Kemenangan 1-0 atas AS Roma

“Jadi membaca ini harus terus kita gaungkan. Semakin banyak penggiat literasi makan budaya membaca ini akan semakin luas. Ada banyak jenis buku, mulai dari , pemberdayaan dan agama,” jelasnya.

Budaya membaca sendiri diakuinya adalah bagian penting perjuangan yang terus disuarakan selain mutu . Hal itu tidak lepas dari sosok Sanikah yang dulunya merupakan guru honor.

“Jadi memang ini adalah fokus perjuangan saya selama di DPR, karena orang tua dan kake saya adalah guru. Jadi kita ingin benar-benar maju. Majunya itu harus dimulai dari pendidikan dan minat baca.” Pungkasnya.

Penulis : Sobirin