, Palu – Sekertaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi , menegaskan Yos Sudarso bukan lagi kader maupun bagian dari partai NasDem.

Menurutnya, kehadiran Yos Sudarso dalam Kongres Luar Biasa (KLB) partai Demokrat, sepenuhnya adalah hak nya selaku warga negara.

Kimun sapaan akrab mengaku, Yos Sudarso sudah lama tidak aktif di partai, meski sebelumnya sempat menjadi bagian dari NasDem.

“Namanya sudah tidak ada lagi di kepengurusan. Sudah hampir satu tahun, dan terakhir di NasDem saat pendaftaran calon anggota legislatif. Itu pun namanya dicoret, karena kami berkomitmen tidak ingin mengusung kader yang tersangkut kasus hukum seusai dengan aturan pada waktu itu,”katanya melalui sambungan via telepon, Senin (08/03/2021).

BACA JUGA  Sandiaga Uno Instruksikan Kader PPP Sulteng Peroleh 1 Kursi DPR RI

Ketua NasDem Palu ini juga mengaku, tidak mempermasalahkan sikap dari Yos Sudarso. Menurutnya, sikap yang diambil oleh mantan ketua DPC Demokrat kota Palu itu, adalah hal biasa.

“Itu hak dia, mau kembali ke partai lamanya atau apapun hak nya. Yang jelas, kami tegaskan Yos bukan lagi kader,”imbuhnya.

Sementara terkait Kartu Tanda Anggota (KTA) NasDem, Kimun menduga Yos masih memiliknya. Namun, berdasarkan aturan partai yang baru. KTA NasDem saat ini langsung terintegrasi ke pusat, sehingga apabila Yos nantinya membawa-bawa nama Nasdem hal itu tidaklah benar.

“Kita sementara usulkan ke pusat. Tapi saya bisa pastikan KTA-nya sudah tidak berlaku.”tegasnya.

Selain pernah menjabat sebagai ketua DPC Demokrat Palu, Yos Sudarso sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Ketua I di Palu dari partai Demokrat, yang kemudian menjadi anggota biasa di Palu, sebelum akhirnya diPAW (Pengantin Antar Waktu) sebagai pada priode 2014-2019, terkait kasus dana bantuan partai Demokrat periode 2005-2013.(Redaksi)

BACA JUGA  Pansus I DPRD Sulteng Konsultasikan Perubahan OPD