Madika, mellitus menjadi masalah global yang turut memengaruhi secara signifikan. Dengan populasi besar dan pola hidup yang semakin modern, prevalensi di terus meningkat.

Berdasarkan data dari Kementerian , jumlah penderita terus meningkat. Diperkirakan lebih dari 10 juta orang dewasa di Indonesia menderita diabetes, dan terus bertambah seiring gaya hidup, pola makan yang kurang sehat, serta kurangnya aktivitas fisik.

Sementara dari laporan International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes tipe I di Indonesia mencapai 41,8 ribu penderita di tahun 2022.

Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penderita diabetes tipe 1 terbanyak di ASEAN, menempati posisi kelima jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Mayoritas penderita diabetes tipe 1 di Indonesia berusia antara 20-59 tahun. Namun, penderita yang usianya muda juga cukup banyak.

BACA JUGA  Raperda Komunikasi dan Informatika Dikonsultasikan ke Kemendagri

Diabetes adalah kondisi terganggunya produksi insulin, hormon yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah dan mengubah glukosa menjadi energi.

Faktor Risiko Diabetes

Beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan kasus diabetes di Indonesia meliputi pola makan tinggi gula dan lemak, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, serta faktor genetik dan lingkungan.

Dampak dan Tantangan Diabetes