Diharapkan Meningkat Kualitas Pelayanan Publik
Madika, Palu– Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulteng menyelenggarakan Sosialisasi Pelayanan Prima kepada Seluruh Aparatur Unit Kerja, baru-baru ini. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Surat Edaran menteri PAN dan RB Nomor 20 Tahun 2001 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN,” ucap Sekretaris Dinas, Imran, mewakili Kepala Dinas Koperas dan UKM Provinsi Sulteng, saat membuka kegiatan.
Adapun peserta dalam kegiatan sosialisasi berjumlah 60 orang dari ASN lingkup Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulteng. Narasumber yang dihadirkan yaitu, Nuraini, S.STP. M.Si, Kasubag Pelayanan Publik dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng.
Imran melanjutkan, kegiatan dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa pelayanan publik khususnya di wilayah Sulawesi Tengah, belum memuaskan kepada masyarakat, sehingga pemerintah perlu meningkatkan dan memperbaikinya.
“Ini merupakan program prioritas pemerintah, yaitu Gerakan Indonesia Melayani,” ungkapnya.
Dengan adanya gerakan ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas pelayanan publik pada instansi pemerintah yang memiliki tugas utama melakukan pelayanan umum.
Sementara itu, Nuraini memaparkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah harus terus ditingkatkan.
“Kualitas pelayanan publik di unit-unit kerja Pemerintah Provinsi Sulteng, khususnya Dinas Koperasi dan UKM, perlu ditingkatkan lagi, apalagi yang bersentuhan langsung dengan pelaku usaha dan koperasi. Agar nantinya perilaku pemberi pelayanan dalam berinteraksi dengan penerima layanan dilakukan sesuai standar sehingga dapat menciptakan kepuasan penerima pelayanan publik di organisasi/unit kerja,” ucapnya.
Ia juga menegaskan pentingnya kualitas SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
“Menciptakan sumber daya yang profesional adalah langkah terbaik untuk meningkatkan dan menciptakan service excellent di organisasi/unit kerja,” pungkas Nuraini.
Penulis : Mikel
Tinggalkan Balasan