Madika, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar uji publik terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kepemudaan dan Keolahragaan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Komisi-IV DPRD Provinsi ini dilaksanakan di Hotel Swissbell Silae pada Senin (20/05/2024).

Sekretaris Komisi-IV DPRD Provinsi , Dr. I Nyoman Slamet, memimpin uji publik ini, yang turut dihadiri oleh sejumlah anggota Komisi-IV, antara lain Moh. Hidayat Pakamundi dan Ibrahim A. Hafid.

“Uji publik ini bertujuan untuk mendapatkan masukan agar Raperda ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak terkait. Raperda ini menjadi payung hukum untuk kegiatan di daerah kita, mengatur prestasi, kewenangan, serta kesejahteraan para atlet.” Kata Nyoman Slamet.

BACA JUGA  Duta Pariwisata Sulteng 2022 Minta Dukungan DPRD

Sementara Kepala SMANOR Tadulako , Muh. Jufri, menyampaikan apresiasinya atas digagasnya renpareda ini.

“Raperda ini penting karena mengatur pembinaan prestasi dari level bawah, melibatkan sekolah atau satuan pendidikan.” Ungkap Jufri.

“Peran cabang yang berhimpun di KONI perlu diperkuat, termasuk pembagian tugas dan kewenangan antara KONI, Dispora, dan organisasi lainnya.” Sambung Ketua IMI , Helmy Umar.

Beberapa pihak yang hadir turut memberikan masukan diantarnya, menegaskan sejarah dan peran KONI yang telah diatur oleh pemerintah sejak era Presiden Soekarno hingga Keppres 72 tahun 2001, menyangkut pendanaan dan kewenangannya.

Selain itu, DPRD juga diingatkan agar Raperda ini tidak melenceng dari UU Sistem Keolahragaan Nasional No.10 tahun 2022, terutama terkait peran KONI dan pemerintah.

BACA JUGA  Ketua Komisi IV Serahkan Bonus Atlet Peraih Perunggu

Uji publik ini mendapat sambutan positif dari pengurus cabang , KONI, KORMI, serta organisasi pemuda lainnya, mengingat pentingnya payung hukum bagi kepemudaan dan keolahragaan di Sulawesi Tengah.

Turut hadir pula Kadispora Provinsi Sulteng Drs. Irvan Aryanto, M.Si., Biro Hukum , dan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Beberapa organisasi kepemudaan dan keolahragaan seperti KONI, IGORNAS, KORMI, BAPOMI, SMANOR Tadulako Palu, dan IMI Sulteng juga hadir.