Madika, Morowali – Vale Cup kembali hadir dengan membawa dua tujuan utama yakni, memajukan prestasi olahraga lokal dan memberdayakan komunitas di Morowali.

Event ini mencerminkan komitmen PT Vale Tbk (PT Vale) untuk mendukung perkembangan bakat lokal serta memberikan dampak ekonomi bagi Mikro Kecil Menengah () di wilayah tersebut.

Sejak diluncurkan pada 2022, Vale Cup telah berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam olahraga sebesar 25%, menurut laporan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Badan Pusat Statistik (BPS) Morowali.

Tahun ini, acara yang berlangsung dari 24 Agustus hingga 11 September di Desa Dampala, Kecamatan Bahodopi, menampilkan kompetisi dari 13 desa dengan cabang olahraga seperti sepak bola, bola voli, dan sepak takraw.

BACA JUGA  PT Vale Raih Tujuh Penghargaan dalam Eco-tech Pioneer and Sustainability Award 2024

Keterlibatan masyarakat dalam olahraga memberikan kesempatan bagi bakat-bakat lokal untuk berkembang.

muda dapat menunjukkan kemampuan mereka, berpotensi berkarir di tingkat profesional, dan berpartisipasi dalam kompetisi yang lebih besar.

Acara ini mendapat sambutan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Timur dan Bahodopi, Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh (Askab ) Kabupaten Morowali, para Kepala Desa, Karang Taruna, tokoh masyarakat, serta masyarakat dari 13 desa yang terlibat.

Yusuf Suharso, Head of External Relation Pomalaa & Bahodopi, menjelaskan bahwa Vale Cup 2024 adalah bagian dari komitmen PT Vale untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Morowali.

BACA JUGA  TPID Palu Jaga Stabilitas Harga Jelang Idul Adha di Pasar Manonda dan Swalayan

“Vale Cup 2024 bukan hanya kompetisi, tetapi juga wujud dedikasi kami untuk memperkuat hubungan sosial dan memajukan potensi lokal. Kami berharap turnamen ini dapat menampilkan bakat-bakat baru,” ujarnya.

Yusuf menambahkan bahwa dukungan PT Vale meliputi penyediaan fasilitas, pengembangan bakat, dan penguatan komunitas, sesuai dengan nilai-nilai perusahaan yang berorientasi pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.