Madika, Tojo Unauna – Sebanyak .500 peserta dari berbagai daerah di berpartisipasi dalam ajang Togean Half Marathon 2024 yang digelar di Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, pada Minggu (13/10).

Event sport tourism ini menarik peserta dari Medan, , Makassar, Mamuju, Kendari, Jakarta, hingga Bandung.

Acara ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, serta Tojo Unauna, dan dimulai di Lapangan STQ depan Kantor Bupati.

Dengan kategori lomba 5K, 10K, dan 21K, peserta tak hanya merasakan sensasi berlari, tetapi juga menikmati keindahan alam sepanjang rute.

Selain lomba lari, produk kreatif dari lokal juga dipamerkan, menambah daya tarik acara yang diselenggarakan oleh OK OC Celebes.

BACA JUGA  Akibat Ibunya Menolak Perpanjangan Kontrak, Kylian Mbappe Terancam Tinggalkan PSG

Wakil Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Firman Abu Nasir, yang hadir di acara tersebut, menyatakan bahwa Kemenparekraf mendorong event sport tourism untuk meningkatkan pergerakan wisata domestik.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Agustiningsih, menyebutkan event ini sebagai bagian dari strategi untuk mencapai target 9,7 juta wisatawan domestik pada 2024, dengan optimisme bahwa 90% target tersebut bisa tercapai pada akhir tahun.

Ia juga menekankan bahwa kegiatan seperti ini memberi efek bagi , restoran, dan hotel.

Kepala Dinas Pariwisata Tojo Unauna, Muhammad Arsyad, menyatakan bahwa tingkat hunian penginapan di daerah tersebut penuh selama tiga hari, dan jumlah pengunjung mencapai 5.000 orang.

BACA JUGA  Menang 2-0 atas Persipura, Persipal BU Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar