Madika, Palu- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi () Provinsi Sulteng, , mengharapkan dukungan pihak terkait dalam mengoptimalkan kawasan transmigrasi di daerah ini.

“Kita harapkan dinas terkait dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan pengembangan unit kawasan transmigrasi UPT Bulupountu Jaya dan Lemban Tongoa SP2,” ujarnya saat rapat pengoptimalan pengembangan kawasan transmigrasi UPT Bulupountu SP3, UPT Lemban Tongoa SP2, dan Kawasan Transmigrasi Palolo Raya di Palu, Selasa 18 Januari 2022.

Rapat diselenggarakan Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Daerah Tertinggal dan Daerah Tertentu Provinsi Sulteng. Ada 12 kawasan transmigrasi di wilayah Sulteng, khusus di Kabupaten yaitu kawasan Palolo Raya terdiri dari UPT Bulupountu Jaya dan Lemban Tongoa SP2.

BACA JUGA  Laga Perdana Liga 2, Persipal BU Berhasil Bungkam Sulut United 3-1

UPT Bulupountu Jaya saat ini masih dalam tahap proses pengusahaan air bor dan kemungkinan akan bisa digunakan pada Maret. Untuk UPT Bulupountu Jaya telah dikeluarkan SK Gubernur menjadi kawasan Agro Wisata.

Diharapkan pembinaan dinas terkait memfokuskan penguatan kelembagaan dengan tujuan agar warga lebih solid dan kompak dalam proses pengembangan ekonomi. Kemudian melakukan pembinaan pada aspek pengembangan ternak.

juga mengharapkan Bappeda dan Dinas PU lebih memperhatikan kondisi sarana prasarana khususnya pembangunan jalan menuju kawan transmigrasi. Dinas Pertanian agar lebih memperhatikan kondisi lahan yang cocok untuk komoditi unggulan.

“Semoga mendapat respon dari dinas terkait untuk sama-sama mengoptimalkan kawasan transmigrasi,” tandas Kepala Disnakertrans.

BACA JUGA  Cara Aparat di Kota Palu Menggaungkan Permainan Tradisional

Sebelumnya, Kepala Disnakertrans mengharapkan pengembangan kawasan agrowisata di permukiman transmigrasi dapat meningkatkan masyarakat di daerah ini. Diketahui, salah satu kawasan agrowisata binaan Disnakertrans Sulteng yaitu Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Bulupountu Jaya, Desa Sidera, Kabupaten , yang baru-baru ini dikunjungi Arnold.

“Pengembangan kawasan agrowisata kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat , khususnya UPT Bulupountu Jaya,” ujar Arnold, Minggu 9 Januari 2022. (JT)