Madika, – Tujuh Belas Partai Politik di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) secara resmi mendukung pada pesta demokrasi ditahun mendatang.

Dukungan itu disampaikan melalui penandatanganan deklarasi yang digelar Kepolisian Daerah Sulteng, Jumat (/9/2023) di Sriti Convention Hall.

Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Agus Nugroho, menyampaikan bahwa serentak tahun akan menjadi pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Indonesia. Namun, ia juga mencatat adanya polarisasi yang perlu diwaspadai dan menekankan pentingnya menjaga persatuan bangsa dalam proses demokrasi.

Agus Nugroho juga mengingatkan tentang larangan dalam Undang-Undang Pemilihan Umum yang melarang kampanye yang menghina individu, agama, suku, ras, golongan, calon, atau peserta lainnya. Dia berharap agar tahun 2024 dapat menjadi kontestasi yang adil dan damai.

“Semoga pemilukada serentak tahun 2024 tidak lagi terjadi polarisasi masyarakat. Pesta demokrasi ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang kontestasi dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat, bukan sebagai ajang pertempuran untuk berebut kekuasaan.” harapnya.

BACA JUGA  Marselinus : Tunggu Saja Pengumuman KPU

Deklarasi ini merupakan langkah awal Polda Sulteng untuk mewujudkan Pemilu berintegritas, aman, dan nyaman di Provinsi Sulawesi Tengah.

Polda Sulteng juga berkomitmen untuk mengamankan jalannya pemilu tahun 2024 secara komprehensif demi menciptakan kondusifitas kamtibmas.

Penulis : Qila