Madika, – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfo Santik) Provinsi Sulawesi Tengah, Sudaryono R Lamangkona, mengungkapkan korban gempa anak-anak di Sigi membutuhkan penanganan .

“Khusus bayi dan anak-anak dibutuhkan penanganan khusus melakukan . Sebab rasa trauma masih menghantui para pengungsi atas kejadian gempa pada tahun 2018 lalu,” ungkapnya.

Hal itu disampaikan saat memimpin rapat koordinasi dalam rangka update data dan informasi perkembangan pascabencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sigi. Kegiatan berlangsung di ruang rapat Diskominfo Santik, Senin, 7 Agustus 2023.

Diketahui, trauma healing merupakan upaya penanganan yang dapat membantu seseorang pulih dari traumanya, salah satunya korban bencana. Kata Sudaryono, satu hal yang perlu dilakukan saat ini, yakni ; penanganan pengungsi, ketersediaan logistik serta penanganan lainnya terutama balita, dan lanjut usia.

Mencermati informasi beberapa persoalan penanganan pengungsi di lapangan, Sudaryano mengajak seluruh pihak untuk terus melakukan koordinasi saat di lapangan. Selain itu, manajemen lapangan dalam melakukan distribusi logistik harus terus dibangun agar semuanya berjalan dengan baik. Hal ini harus menjadi perhatian bersama.

BACA JUGA  Sulteng Tempat Terbaik Olahraga Rekreasi dan Petualangan

Rapat koordinasi dihadiri Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Akris Fatah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Andy A. Sembiring, Pihak Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota , Bambang, Sekretaris Palang Merah (PMI) Sukri, Wahana Visi , Wagsit dan beberapa peserta lainnya.

Bambang dari BMKG juga menjelaskan, berdasarkan pantauan pihaknya, gempa pertama terjadi pada Minggu, 6 Agustus 2023 dengan goncangan sebanyak 34 kali. Senin, 7 Agustus 2023, terjadi goncangan sebanyak 14 kali. Selasa, 8 Agustus 2023, terjadi goncangan sebanyak 8 kali.

Penulis : Mikel