Madika, – Pemerintah Provinsi melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) melaksanakan Peningkatan Kualitas SDM Pengawas Lapangan dalam Pekerjaan Jalan/Jembatan di , baru-bari ini.

Dalam sambutan Kepala Dinas BMPR Prov. yang dibacakan oleh Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, Agus Nain Sahabat, menyampaikan suksesi pembangunan infrastruktur bidang jalan/jembatan akan sangat bergantung pada ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten di bidang tersebut.

“Untuk itu, perlu adanya peningkatan SDM di bidang jalan/jembatan dalam hal ini adalah tenaga pengawas yang diharapkan akan lebih mengetahui, memahami dan menambah pengetahuan. Ini dalam upaya mewujudkan proses pekerjaan jalan/jembatan yang berkualitas yang pada akhirnya dapat memenuhi standar dan mutu serta sesuai dengan ketentuan perudang-undangan yang berlaku dibidang jasa konstruksi,” ujarnya.

BACA JUGA  Eks MAHID di Belanda Diberi Kemudahan Layanan Keimigrasian

Dikatakan, peningkatan kualitas SDM pengawas lapangan dalam pekerjaan jalan/jembatan secara umum memberikan acuan kepada kontraktor/penyedia jasa agar memenuhi spesifikasi teknis jalan/jembatan yang disyaratkan, meningkatkan dan menjaga mutu pelaksanaan pekerjaan fisik serta meningkatkan kegiatan pengendalian mutu (quality control) oleh direksi pekerjaan maupun direksi teknis.

Disebut, salah satu tugas pokok Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi yaitu melakukan pembinaan jalan /kota yang dilaksanakan oleh Bidang Bina Teknik melalui Seksi Pembinaan Jalan /Kota.

Oleh sebab itu, dalam rangka turut serta meningkatkan kualitas SDM dalam hal acuan teknis pekerjaan jalan/jembatan, maka perlu dilakukan Peningkatan Kualitas SDM Pengawas Lapangan dalam Pekerjaan Jalan/Jembatan.

BACA JUGA  Komitmen Alfamidi Branch Palu Cegah Stunting Melalui Bantuan Makanan Tambahan

“Saya mengimbau kepada narasumber dan semua peserta agar melakukan tugas dan fungsinya dengan baik dalam ini. Dengan begitu pelatihan ini dapat menghasilkan SDM yang kompeten dalam pembangunan jalan/jembatan,” ucap Agus.

Diharapkan dengan SDM yang baik akan terwujud jaringan Infrastruktur jalan/jembatan yang laik, memadai, berkualitas aman, dan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan.

Turut hadir saat pembukaan, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Ir. Asbudianto, Kepala UPT Laboratorium dan Pengujian Yuris Milka, dan Kepala Seksi Pembinaan Jalan /Kota Moh. Ridsan Lede.

Penulis : Mikel