Madika, – Sekretaris Fraksi PKS , Ledia Hanifa mengakui pemerintah menginginkan Pemilu serentak 2024 dilaksanakan pada Mei 2021, namun itu baru usulan dari pemerintah, belum memberikan persetujuan.

Saat ngopi pagi bersama sejumlah wartawan di Kota , Ahad 10 Agustus 2021, Ledia menyampaikan fraksi PKS secara kelembagaan juga belum mengambil sikap. Namun jika melihat waktu sebagaimana usulan pemerintah, sepertinya berat untuk disetujui, mengingat antara Pemilu ke Pilkada waktunya cukup singkat, apalagi dilaksanakan ditahun yang sama.

“Pemilu Mei 2024 masih sebatas usulan pemerintah. Fraksi PKS sendiri masih menunggu usulan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena KPU yang menjalankannya. Namun melihat pengalaman Pemilu sebelumnya, tanpa ada Pilkada saja banyak penyelenggara menjadi korban, akibat kelelahan,” tutur Ledia, didampingi Ketua Fraksi PKS Sulawesi Tengah, Wiwik Jumatul Rofi'ah dan Wakil ketua Fraksi PKS Sulawesi Tengah, .

Walaupun mengaku masih menunggu usulan KPU, tetapi Ledia sudah mendapatkan gambaran dimana KPU meminta pelaksanaan Pilkada serentak dilaksanakan di Februari 2025 jika Pemilu serentak dilakanakan bulan Mei 2024.

BACA JUGA  Bupati Donggala Mestinya Jadi Garda Terdepan Lawan Corona

“Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak masih dalam pembahasan, belum ada kesepakatan. Namun beberapa fraksi sepertinya sudah mendukung usulan pemerintah tersebut, yakni Pemilu pada Mei 2024, diantara fraksi dan Fraksi Nasdem. Tetapi secara sikap, belum mengambil keputusan,” tegas Ledia, yang juga anggota .(win)