Madika, Palu- Pusat (KIP) RI baru saja merilis data Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Nasional Tahun 2022. Dalam data IKIP Nasional 2022 itu, Provinsi meraih skor IKIP kategori sedang mengungguli Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Selatan (Sumsel) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketua Provinsi , Abbas Rahim mengatakan terjadinya perubahan nilai ini tidak lepas dari peran daerah , khususnya badan publik yang telah menyediakan informasi yang mudah di akses oleh masyarakat.

Sebab kata Abbas, informan ahli memotret secara keseluruhan, khususnya beberapa indikator yang menjadi fokus penilaian. Untuk diketahui, tahun 2021 Sulteng nyungsep di posisi kedua terbawah dengan kategori nilai buruk.

BACA JUGA  Gubernur Harap Bidan Kontribusi Turunkan Stunting

“Dengan raihan prestasi ini, kedepan pekerjaan kita makin berat, karena lebih sulit mempertahankan, dinas sebagai mitra, mari kita berlari bersama untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik di Sulawesi Tengah, kalo perlu tahun 2023 bisa tembus 5 besar dengan kategori baik,”tandasnya.

Abbas berharap, tahun 2023 mendatang mensupport Sulteng dalam menjalankan tupoksinya sesuai dengan perintah UU nomor 14 tahun 2008 dengan memberikan anggaran yang layak dalam upaya mendorong terwujudnya keterbukaan informasi publik dan penyelesaian sengketa informasi serta mewujudkan terbentuknya Komisi Informasi di Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah. Sebab dengan nilai ini, hemat Abbas, secara tidak langsung turut mengangkat citra Sulteng ditingkat Nasional.

BACA JUGA  Novalina Dukung Pengembangan Startup

Ketua Pokja Daerah IKIP Sulawesi Tengah, Ridwan Laki mengatakan, secara nasional Sulawesi Tengah berada di urutan 25 dengan raihan nilai 73,54 kategori sedang. Diatas Sulawesi Tengah ada Provinsi Jambi diurutan 23 dengan nilai 73,96 dan Provinsi Jawa Timur urutan 24 dengan nilai 73,87, kategori sedang.

Sementara dibawah Sulawesi Tengah ada Provinsi Sumatera Utara dengan nilai 73,45, Sulawesi 72,16 dan Sumatera Selatan 71,02. (*)