, – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah ( Sulteng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan, Selasa (16/5/2023).

Bimtek digelar dengan tujuan meningkatkan kemampuan jajaran humas Sulteng dalam menyebar luaskan layanan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Sulteng, , dengan menghadirkan dua narasumber yakni Mohamad Iqbal selaku Ketua Asosiasi Media Siber () dan Abdee Mari selaku Pemimpin Redaksi Media Online di Kota .

Menurut Budi Argap, kegiatan kehumasan sangatlah penting dalam pengoptimalan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dirinya mengapresiasi atas terselenggaranya bimtek yang akan berlangsung selama dua hari.

BACA JUGA  SD Imanuel Palu Diberi Edukasi Perlindungan KI Sejak Dini

“Sangat bahagia atas terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap agar para rekan sekalian dapat betul-betul serius mempelajari setiap ilmu yang akan diberikan, Media saat ini sangatlah berperan penting, kita harus bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengoptimalkan pelayanan kita,” ungkap Kakanwil.

Pelaksanaan bimtek juga diharapkan mampu menjadi mitigasi terhadap pemeberitaan hoax dan negatif, sehingga seluruh jajaranya mampu membangun relasi baik kepada segenap insan pers. Dengan tujuan mempercepat koordinasi maupun klarifikasi terhadap berbagai hal.

“Ada berita negatif atau Hoax, maka segera direspon, jangan sampai masyarakat menerima pemberitaan yang bias, yang bisa saja menghambat informasi layanan bagi seluruh masyarakatan kita, keberadaan media harus menjadi penghubung kita untuk seluruh pengguna layanan,” tutupnya.

BACA JUGA  Hidayat Pakamundi: Ada Tanda-tanda PBSI Sulteng Akan Maju

Kegiatan pun berjalan dengan atraktif, seluruh peserta menerima berbagai pembekalan materi yang sangat berkaitan dengan pengoptimalan peran kehumasan mulai dari pembuatan berita, pengolahan dan penyajian grafis, hingga bagaimana peran kehumasan dalam menyikapi berita Hoax atau berita tidak benar.

“Setiap pengelola kehumasan sangatlah berperan penting karena tugasnya adalah sebagai wajah dari Satkernya, Bapak/Ibu mesti lebih proaktif dalam menyikapi berbagai hal kebutuhan dari pengguna layanan, saya pikir yang paling penting adalah kemauan dan niat hati bagi kita semua,” imbuh Iqbal.

Penulis : Qila