Madika, Sigi – Kepolisian Resor Sigi kembali menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka menjaga kondusivitas wilayah menjelang 2024 mendatang.

Latihan Dalmas jelang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Sigi, AKP Ahmad Bagus Harun, Kamis, (15/6/2023) di halaman Mako Sigi.

Kasi Humas Sigi, AKP Ferry Triyanto menjelakan, latihan Dalmas jelang dilakukan untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi pesta demokrasi mendatang.

“Latihan Dalmas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan individu personel yang bertugas. Instruktur latihan dipimpin oleh Iptu Ahsan, sebagai KBO Satuan Samapta , dan Aipda Irzal Hanafi, sebagai Kanit Dalmas Satuan Samapta ,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

BACA JUGA  Labuan Bajo: Pesona Alam dan Petualangan di Destinasi Wisata Indonesia

Dalam pelaksanaannya, peserta terikat dalam satuan pleton untuk membangun jiwa kekompakan dan kebersamaan dalam menghadapi ancaman yang mungkin timbul dari demonstrasi atau aksi unjuk rasa.

“Latihan Dalmas ini rutin dilaksanakan untuk memastikan bahwa pleton Dalmas dan tim negosiator dari polwan Polres Sigi selalu siap diterjunkan ke lapangan. Dalam menyikapi Pemilu 2024 mendatang, latihan ini menjadi lebih penting dalam mempersiapkan personel dalam menghadapi peristiwa penting tersebut,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa materi latihan yang dilaksanakan antara lain Dalmas awal, Dalmas lanjut, formasi bersaf, formasi banjar, formasi banjar tiga, gerakan desak maju, dan dorong maju.

“Diharapkan melalui kegiatan latihan ini, personel Polres Sigi dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam mengendalikan situasi massa, serta mampu memberikan keamanan dan ketertiban saat Pemilu Tahun 2024 di wilayah ,” tutupnya.

BACA JUGA  Jelang Pemilu 2024, Polres Sigi Gelar Latihan Pengendalian Massa

Penulis : Redaksi