, – PT Indonesia (Persero) Tbk () dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah menandatangani akta pemisahan (deed of spin-off) untuk mengintegrasikan IndiHome ke Telkomsel.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama , Ririek Adriansyah, dan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, pada hari Selasa (27/6).

Setelah peningkatan modal Telkomsel terkait transaksi ini yang diinformasikan kepada Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, yang direncanakan akan dilakukan pada tanggal Juli 2023, secara hukum IndiHome akan resmi menjadi bagian dari Telkomsel mulai 1 Juli 2023.

Kesepakatan ini merupakan tonggak penting dalam implementasi inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) TelkomGroup sebagai bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves, dengan tujuan menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat.

Inisiatif ini meliputi penyediaan layanan broadband yang lebih luas, merata, dan handal, mendukung percepatan inklusi digital dan digital, meningkatkan persaingan industri telekomunikasi di Indonesia, serta memperkuat bisnis perusahaan di masa depan.

Dengan selesainya proses integrasi IndiHome, kepemilikan efektif Telkom di Telkomsel meningkat menjadi 69,9%, sementara Singtel memiliki 30,1% saham.

Pengalihan IndiHome ke Telkomsel juga menandai perubahan fokus bisnis dalam TelkomGroup, di mana segmen Business to Consumer (B2C) akan sepenuhnya dikelola oleh Telkomsel, sementara Telkom akan fokus menjadi pemimpin pasar dalam segmen Business to Business (B2B), yang merupakan sumber pendapatan potensial untuk pertumbuhan Telkom di masa depan.

BACA JUGA  Bela Palestina, Warga Palu Berhasil Buat Mcdonald Tutup Sementara

“Dalam perjalanan transformasi TelkomGroup, hari ini merupakan tonggak penting yang akan memajukan B2B di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan atas dukungan mereka terhadap langkah transformasi Telkom yang masih berlanjut, dengan memberikan nilai optimal bagi perusahaan, pelanggan, masyarakat, pemegang saham, dan pemerintah,” ungkap Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Ririek menambahkan bahwa Telkom telah melakukan kajian mendalam mengenai FMC, dan sebanyak 23 dari 25 operator telekomunikasi terbesar di dunia telah mengimplementasikan FMC.

Hal ini menunjukkan bahwa inisiatif FMC merupakan langkah yang tepat dan telah terbukti berhasil. Selain itu, langkah strategis Telkom ini juga mendapatkan dukungan dari Kementerian BUMN.

“Setelah ini, IndiHome akan bekerja sama dengan Telkomsel untuk menghadirkan inovasi yang memberikan hasil maksimal bagi perusahaan dan seluruh pemangku kepentingan. Selanjutnya, TelkomGroup akan melanjutkan rencana transformasi Five Bold Moves lainnya, seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCos,” jelas Ririek.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, juga menjelaskan bahwa integrasi IndiHome ke Telkomsel merupakan tonggak penting bagi Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup.

BACA JUGA  Nonton Piala Dunia U-17 dan Hiburan Keren Bareng Telkomsel & Vidio!

Hal ini akan membuka peluang kemajuan dan melampaui ekspektasi pelanggan dengan memberikan akses broadband yang merata melalui pengalaman konektivitas digital yang lengkap, serta dukungan layanan wifi yang handal dan terintegrasi, terutama untuk pelanggan rumah tangga, melalui inisiatif FMC.

Integrasi IndiHome ke Telkomsel juga mencakup pengelolaan bisnis dan pelanggan untuk layanan seperti internet (fixed broadband), telepon rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), dan berbagai bundling layanan digital konsumen lainnya.

Telkomsel berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan broadband IndiHome selama masa transisi. Biaya layanan dan paket berlangganan yang dinikmati oleh pelanggan saat ini juga tidak akan mengalami perubahan sesuai dengan ketentuan dalam kontrak yang telah disepakati antara pelanggan dan IndiHome.

Hendri menegaskan bahwa Telkomsel dan TelkomGroup telah melakukan persiapan menyeluruh agar proses integrasi berjalan dengan lancar.

Telkomsel yakin bahwa inisiatif FMC ini akan memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, yang akan terus memberikan inovasi produk dan layanan yang konvergen, serta mempercepat kesetaraan pengalaman masyarakat dalam memanfaatkan layanan gaya hidup digital yang inklusif dan berkelanjutan.

BACA JUGA  Lantik 165 Pejabat, Hadianto Minta Pejabat Tingkatkan Kinerja

Mulai 1 Juli 2023, pelanggan IndiHome juga dapat menghubungi customer touch point Telkomsel, seperti Call Center 188, website www.telkomsel.com, layanan email cs@telkomsel.com, dan GraPARI (walk-in), untuk informasi dan layanan. Sementara itu, customer touch point IndiHome, seperti myIndiHome, website www.indihome.co.id, Plasa Telkom (walk-in), Call Center 147, serta akun media @IndiHomeCare, tetap melayani pelanggan IndiHome seperti biasa.

Untuk mendukung transisi yang lancar dan kelancaran operasional, Telkom dan Telkomsel telah menyepakati transfer dan mobilitas talenta dari sumber daya manusia. Kolaborasi dan sinergi antara karyawan TelkomGroup menjadi kunci dalam memperkuat bisnis broadband ritel di Telkomsel dan transformasi B2B di Telkom.

Selain itu, Telkom juga akan mempercepat transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional untuk melayani segmen ini secara menyeluruh dan mendukung digitalisasi sektor korporasi, , dan instansi pemerintah.

Penulis : Qila