Wujudkan Kesetaraan, Telkomsel Buka Layanan Khusus untuk Teman Tuli di 19 GraPARI
Madika, Palu – Telkomsel terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan inklusif bagi semua pelanggan, termasuk penyandang disabilitas.
Salah satu langkah nyata adalah penyediaan layanan khusus bagi pelanggan teman tuli (penyandang tunarungu) di sejumlah titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sebanyak 19 GraPARI telah memulai penyediaan layanan inklusif ini sebagai bagian dari komitmen Telkomsel dalam menerapkan prinsip Environment Social dan Governance (ESG) yang berkelanjutan, terutama dalam konteks sosial.
Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel, mengungkapkan, “Dengan sekitar 22,97 juta penyandang disabilitas di Indonesia, Telkomsel merasa penting untuk memberikan aksesibilitas yang sesuai bagi mereka. Sejalan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional pada 23 September, kami terus berupaya menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas, termasuk teman tuli, di sejumlah GraPARI“.
Saat ini, 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti GraPARI Kotabumi (Lampung), GraPARI Palembang (Sumatera Selatan), GraPARI Medan (Sumatera Utara), dan lainnya, telah siap melayani kebutuhan pelanggan teman tuli.
Telkomsel juga berencana untuk memperluas inisiatif ini dengan menyediakan lebih banyak titik layanan pelanggan inklusif di seluruh Indonesia.
“Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas salah satunya melalui penyediaan layanan khusus yang akan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah layanan pelanggan GraPARI.” Ujarnya.
Untuk memastikan layanan yang berkualitas, Telkomsel telah bekerja sama dengan Silang.id, sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada inovasi digital untuk teman tuli.
Mereka memberikan pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan GraPARI. Pelatihan ini mencakup tidak hanya bahasa isyarat tetapi juga budaya tuli, ekspresi, gestur, dan filosofi bahasa isyarat.
Hal ini akan memudahkan komunikasi antara petugas layanan dan pelanggan teman tuli dalam mengatasi berbagai pertanyaan dan solusi terkait produk dan layanan Telkomsel.
Selain pelatihan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI Telkomsel juga akan dilengkapi dengan infrastruktur khusus untuk teman tuli, seperti informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses.
Pelanggan teman tuli dapat dengan nyaman mengunjungi GraPARI untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka, termasuk pembelian kartu prabayar, penggantian kartu, atau pendaftaran pelanggan baru.
“Pelanggan teman tuli dapat dengan leluasa mengunjungi GraPARI untuk melakukan beragam kebutuhan akan layanan Telkomsel, seperti pembelian sim card prabayar, ganti kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabavar), maupun kebutuhan produk dan layanan lainnya.” pungkasnya.
Penulis : Qila
Tinggalkan Balasan