Madika, terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan inklusif bagi semua pelanggan, termasuk penyandang disabilitas.

Salah satu langkah nyata adalah penyediaan layanan khusus bagi pelanggan teman tuli (penyandang tunarungu) di sejumlah titik GraPARI yang tersebar di seluruh .

Sebanyak 19 GraPARI telah memulai penyediaan layanan inklusif ini sebagai bagian dari komitmen dalam menerapkan prinsip Environment Social dan Governance () yang berkelanjutan, terutama dalam konteks sosial.

Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales , mengungkapkan, “Dengan sekitar 22,97 juta penyandang disabilitas di , Telkomsel merasa penting untuk memberikan aksesibilitas yang sesuai bagi mereka. Sejalan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional pada 23 September, kami terus berupaya menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas, termasuk teman tuli, di sejumlah GraPARI”.

BACA JUGA  Empat Warga Sigi Terbunuh, Perpres Pelibatan TNI Harus Segera Rampung

Saat ini, 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh , seperti GraPARI Kotabumi (Lampung), GraPARI Palembang (Sumatera Selatan), GraPARI Medan (Sumatera Utara), dan lainnya, telah siap melayani kebutuhan pelanggan teman tuli.

Telkomsel juga berencana untuk memperluas inisiatif ini dengan menyediakan lebih banyak titik layanan pelanggan inklusif di seluruh Indonesia.

“Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas salah satunya melalui penyediaan layanan khusus yang akan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah layanan pelanggan GraPARI.” Ujarnya.

Untuk memastikan layanan yang berkualitas, Telkomsel telah bekerja sama dengan Silang.id, sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada inovasi digital untuk teman tuli.

BACA JUGA  DPRD Sigi Resmi Bentuk Enam Fraksi Masa Jabatan 2024-2029

Mereka memberikan pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan GraPARI. Pelatihan ini mencakup tidak hanya bahasa isyarat tetapi juga budaya tuli, ekspresi, gestur, dan filosofi bahasa isyarat.

Hal ini akan memudahkan komunikasi antara petugas layanan dan pelanggan teman tuli dalam mengatasi berbagai pertanyaan dan solusi terkait produk dan .

Selain pelatihan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI Telkomsel juga akan dilengkapi dengan infrastruktur khusus untuk teman tuli, seperti informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses.

Pelanggan teman tuli dapat dengan nyaman mengunjungi GraPARI untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka, termasuk pembelian kartu prabayar, penggantian kartu, atau pendaftaran pelanggan baru.

BACA JUGA  KPID Sulteng FGD Migrasi Penyiaran

“Pelanggan teman tuli dapat dengan leluasa mengunjungi GraPARI untuk melakukan beragam kebutuhan akan , seperti pembelian sim card prabayar, ganti kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabavar), maupun kebutuhan produk dan layanan lainnya.” pungkasnya.

Penulis : Qila