Madika, (ipomoea batatas) atau dikenal juga dengan ketela rambat ternyata memiliki banyak manfaat untuk .

memiliki warna yang beragam seperti putih, ungu, merah, kuning atau orange dengan beragam nutri yang terkandung di dalamnya.

Jenis ubi berwarna kuning dan ungu, menjadi ketela dengan kaya manfaat seperti beta-karoten yang merupakan provitamin A dan vitamin C. Sementara berwarna putih biasanya diolah menjadi tepung.

Selain vitamin A dan C, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut kandungan nutrisi dari 124 gram ubi jalar :

Air: 98,7 g

Serat: 2,48 g

Zat besi: 0,7 mg

Kalsium: 50,8 mg

BACA JUGA  Perangi Stunting: Bhayangkari Sigi Gelar Posyandu untuk Pelayanan Kesehatan Anak dan Balita

Magnesium: 19,8 mg

Fosfor: 50,8 mg

Kalium: 259 mg

Sodium 306 mg

Selenium 0,9 mcg

Vitamin C: 12,8mg

Asam folat: 7,44 mcg

Kolin: 14,4 mg

Vitamin A: 823 mcg

Beta-karoten: 9,470 mcg

Vitamin K: 5, mcg

Selain dikonsumsi sebagai pengganti nasi, ubi jalar juga dikonsumsi untuk menurut berat badan.

Beberapa manfaat utama ubi jalar dalam proses penurunan berat badan: