Madika, Jakarta () menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam ajang GMP Award .

Penghargaan ini diberikan atas dedikasinya dalam menerapkan Good Mining Practices (GMP) dalam pertambangan mineral dan batubara.

Acara penghargaan yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (24/09/) tersebut, mengakui Blok Sorowako dengan meraih beberapa penghargaan, termasuk Piagam Penghargaan Utama Pengelolaan Teknis dan Lingkungan Hidup Pertambangan.

Muhammad Adli Lubis, Head of HSOR, Environment and Sustainability Operation PT Vale, menerima penghargaan ini dan menekankan komitmen perusahaan terhadap praktik pertambangan yang bertanggung jawab.

“Penghargaan ini adalah bentuk nyata dari kerja keras tim kami di PT Vale dan mitra-mitra kami, serta masyarakat yang mendukung operasional kami,” ujar Abu Ashar, Direktur & Chief Operation and Infrastructure Officer PT Vale.

BACA JUGA  Beras jadi Komoditas Penyumbang Inflasi Terbesar di Kota Palu

“Ini memotivasi kami untuk terus mengutamakan standar sebagai inti dari setiap keputusan operasional yang kami ambil.” Lanjutnya.

Abu Ashar juga menegaskan pentingnya pendekatan People, Profit, Planet (3P) dalam setiap aspek operasional.

Ia menjelaskan, “Kami berkomitmen menjaga keseimbangan antara keuntungan, keselamatan, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.”

Lebih jauh, Ashar menambahkan bahwa komitmen terhadap bukan sekadar tren, tetapi bagian integral dari strategi jangka panjang perusahaan.

“Kami terus menantang diri sendiri untuk meningkatkan penerapan prinsip dan memastikan bahwa seluruh aspek operasional kami mendukung tujuan keberlanjutan global,” jelasnya.

Tri Winarno, Dirjen Minerba ESDM, memberikan apresiasi kepada PT Vale dan perusahaan tambang lainnya yang berkomitmen pada penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik.

BACA JUGA  OJK Sulteng: Satgas PASTI Berhasil Menghentikan Ribuan Entitas Keuangan Ilegal

“Penghargaan ini adalah untuk memotivasi seluruh insan pertambangan untuk terus menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik,” ucapnya.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga menekankan pentingnya pengelolaan pasca tambang dan perlunya perusahaan memperhatikan kaidah-kaidah pertambangan yang baik.

“Saya tidak ingin dzalim sama teman-teman pengusaha, tapi teman-teman pengusaha tolong ikuti aturan lingkungan yang baik, supaya ada keberlangsungan,” katanya.