Madika, Sigi – () Sigi dalam waktu dekat akan mencanangkan penghijauan bantaran sungai, melalui program Sigi hijau sebagai langkah awal pencegahan serta pemberdayaan masyarakat. Upaya itu ditegaskan langsung Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, di temui di kantor Bupati, Senin (05/04/2021).

Program jangka panjang tersebut, digagas tidak hanya sekadar untuk mencegah . Namun, bertujuan memberdayakan masyarakat di sekitar area bantaran sungai. Sebab penghijauan dilakukan dengan tanaman produktif.

“Selain melalui normalisasi sungai, penghijauan melalui program Sigi hijau juga akan kami lakukan dari hulu sampai hilir. Dari hasil kesepakatan masyarakat, nanti pohon produktif yang akan kami tanam, contohnya durian dan ,”ungkapnya.

BACA JUGA  Prediksi Final Copa del Rey : Real Madrid Diperkirakan Ungguli Osasuna

Nantinya pohon yang ditanam, sepenuhnya menjadi milik masyarakat. Sehingga ia berharap, peran serta semua kalangan untuk menjaga dan melestarikan kawasan bantaran sungai.

“Hasilnya untuk masyarakat. Jadi pohon yang kita tanam nantinya bisa dipanen oleh masyarakat, sehingga terjadi perputaran . Masyarakat sejahtera, alam pun lestari,”lanjut Samuel.

Untuk menyukseskan hal tersebut, nantinya Pemkab akan menyediakan juta pohon dan 10.000 bibit bambu, yang seluruhnya akan ditanam di wilayah rawan .

“Ini semua untuk desa yang berpotensi bencana dan tidak dihijaukan kembali. Kami akan melakukan serentak, menanami kembali pohon dan bambu yang dikemudikan hari bisa dimanfaatkan untuk ,”pungkasnya.(Redaksi)