, Palu – Guna meningkatkan ekonomi kerakyatan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , mengusulkan revitalisasi pasar tradisional ke pasar rakyat. Usulan tersebut disampaikan langsung, , SE ditemui, Sabtu (10/04/2021).

Menurut Joppi, pasar rakyat memiliki banyak keunggulan dibandingkan pasar tradisional. Salah satunya lokasi berjualan pedagang lebih tertata, bersih dan nyaman. Hal itu diakuinya dapat mendorong masyarakat untuk tidak terlalu khawatir untuk berbelanja di pasar tradisional, terlebih dalam situasi pandemi.

“Di tengah pandemi ini, solusi tepat mendorong geliat ekonomi masyarakat adalah mengubah mindset lokasi pasar tradisional menjadi pasar rakyat. Kemarin, waktu saya berkunjung ke Kota Tanggerang Selatan (Tangsel). Geliat perekonomian baik-baik saja, ternyata yang mendongkrak adalah pasar rakyat,”ungkapnya.

BACA JUGA  Pastikan Kehadiran Tambang Nikel di Morut Tidak Merugikan Rakyat
-P foto bersama usai melakukan di Tanggerang Selatan. Foto : Istimewa

Dijelaskan, program itu terwujud berkat dukungan dari kementerian. Gagasan itu, disebut Joppi dapat diadopsi jika pemerintah berkeinginan menjalankannya.

Pasar rakyat juga disebut dapat mendukung upaya pemerintah untuk mendapatkan Adipura. Sebab, salah satu indikator memperoleh penghargaan itu adalah kebersihan di lokasi pasar.

“Pasar rakyat juga bisa mewujudkan cita-cita Pemkot untuk mendapatkan Adipura. Karena salah satu indikator penghargaan itu adalah kebersihan pasar. Jika hal itu dinginkan, maka kami di DPRD siap untuk membantu,”tuturnya.

Selain revitalisasi, penerapan sistem digitalisasi dalam pembayaran dapat dicontoh Pemkot Palu, dengan harapan meminimalisir kebocoran Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Di Tangsel juga telah menerapkan pembayaran digital. Selain mencegah kebocoran PAD, upaya itu bisa juga bisa meminimalisir penyebaran -19. Kalau memang Pemerintah mau, bisa di pihak ketigakan. Jadi dinas bisa fokus mengurus hal lain,”urainya.

BACA JUGA  INTI Sulteng Beri Santunan Anak Yatim Jelang lebaran

Sehingga ia berharap, esensi pasar rakyat sendiri benar-benar dapat terwujud di .

“Esensi revitalisasi pasar ada agar eksistensi pasar rakyat akan tetap kuat dan daya saing terhadap toko-toko modren akan meningkat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan.”pungkasnya.(Redaksi)