Madika, Palu – Sasakawa Peace Foundation (SPF) Jepang mengunjungi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kota Palu pada Jumat, (17/5/2024).

Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua Palu, Armin, bersama anggota lainnya, termasuk Mutmainah Korona, Imam Darmawan, Erman Lakuana, Muslimun, Ahmad Umayer, Irsan Satria, Muhsin Ali, Muliadi, dan Astam Abdulah, serta DPRD Palu, Muliyati, dan bagian humas DPRD Kota Palu.

Perwakilan SPF Jepang, Lisa, mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan mereka adalah untuk melihat kondisi Kota Palu pasca alam 28 September silam.

Mereka ingin memantau dampak terhadap pelaku usaha, perempuan, dan penyandang di Kota Palu.

“Hari ini kami membawa rekan kerja dari pihak Copernik untuk berkunjung. Alhamdulilah, Kota Palu sudah memiliki Perda dan kemudahan berusaha. Ini yang menjadi poin penting mengapa kami datang ke sini. Kota Palu sangat potensial dari sisi pemerintahan dan DPRD. Ke depannya, kami ingin belajar bagaimana mendukung pelaku usaha dan ,” jelas Lisa.

Pihak Copernik, diwakili oleh Tosyi, dalam sambutannya menggunakan bahasa Jepang yang diterjemahkan oleh Lisa, menyatakan kegembiraannya berkunjung ke Kota Palu.

BACA JUGA  Rencana Pengoperasian Bus Trans Palu Dikritik DPRD, Muslimun: Anggaran Belum Dibahas

Tosyi berharap ke depannya bisa berkolaborasi dengan pemerintah Kota Palu.

Candra, bagian dari Copernik, menambahkan bahwa Copernik bergerak di bidang penelitian dan pengembangan dengan kantor perwakilan di Bali.

“Copernik dan Sasakawa Peace Foundation berkolaborasi untuk belajar di Kota Palu,” ujar Candra.

Pada penghujung kegiatan, kedua belah pihak saling bertukar cinderamata yang diberikan langsung oleh Ketua DPRD Kota Palu, Armin, dan perwakilan Sasakawa Peace Foundation.