Madika, Palu– Dalam waktu dua hari, masyarakat Parigi berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp28 juta untuk dikirimkan ke warga Gaza, . Hasil donasi warga Parigi, diserahkan ke Pimpinan Wilayah Pemuda , untuk selanjutnya diserahkan ke LazisMu, untuk dikirim ke , Jumat (11 Juni 2021).

Donasi warga Parigi tersebut, diserahkan Sekretaris Bidang Dakwah Pimpinan Cabang Pemuda Parigi Tengah, Muhammad Fakhrur Razy S.Sos, dan diterima Sekretaris Pimpinan Wilayah Pemuda , Abd Hanif ibn Djaiz, di kantor Pimpinan Wilayah . Penyerahan donasi, disaksikan perwakilan Kokam dan Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar .

Menurut Fakhrur, pengumpulan donasi untuk di Parigi, dirasakan sangat special. Selain tingginya antusias warga Parigi, dalam memberikan simpati dan empatinya kepada warga di Jalur Gaza, juga dalam proses penggalangan, ikut terlibat pihak Madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi Tengah.

BACA JUGA  Vaksin Jadi Andalan Cegah Varian Covid-19

“Kami bergerak bersama. Tidak ada sekat, karena memang kami merasa tidak ada perbedaan. Kalau ada yang berbeda, hanya masalah lambang organisasi. Tapi isinya, kami Islam yang satu, bersaudara dan satu sikap jika menyangkut akidah dan kemanusiaan,” tegas Fakhrur.

Selain Madrasah Aliyah Alkhairaat, juga terlibat beberapa elemen organisasi lainnya. Termasuk aktivis Ikatan Pelajar Parigi. Donasi senilai Rp28 juta, berhasil dikumpulkan dalam waktu dua hari penggalangan. Yang lebih menarik lagi, proses penggalangan yang dilakukan, ternyata dengan cara melakukan long march atau berjalan kaki hingga puluhan kilometer.

“Penggalangan pertama, kami jalan dari Petapa sampai Toboli, yang jaraknya sekitar 10 km. Kemudian penggalangan kedua, kami kembali long march dari Tolai sampai Dolago. Namun untuk rute ini, kami selang-seling naik kendaraan, kalau ketemu daerah yang tidak ada pemukimannya,” kata Fakhrur.

BACA JUGA  Komisioner KPID Segera Dilantik

Donasi yang terkumpul, bukan hanya dari warga Muslim saja. Tidak sedikit warga non muslim ikut memberikan donasinya. Mereka mengaku ikhlas, karena terpanggil untuk membantu atas nama kemanusiaan.

“Alhamdulillah. Kami di Palu terharu mendengar semua penuturan teman-teman Parigi. Kami berharap, semangat persaudaraan, semangat dakwah dan kemanusiaan ini tetap terjaga selalu. Insya Allah, amanat teman-teman ini, akan kami teruskan dan akan terus kami kawal, sampai kami pastikan, bahwa hasil donasi itu, benar-benar tersalurkan kepada saudara kita di Palestina,”demikian Abd Hanif.(win)