Madika, – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, bersama Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, menyerahkan kunci hunian tetap kepada warga terdampak gempa, tsunami, dan likuifaksi di , Kabupaten Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Penyerahan kunci secara simbolis dilakukan di perumahan huntap Tondo 2, , Kecamatan Mantikulore, .

Sebanyak 4.211 unit huntap diserahkan dari total 4.265 unit yang siap huni.

Huntap ini merupakan hasil pembangunan Kementerian PUPR dari target 5.216 unit. Sisanya dijadwalkan selesai paling lambat Desember 2024.

Dalam kesempatan ini, Menko Muhadjir menyerahkan kunci hunian kepada sebagian masyarakat terdampak 2018.

“Hari ini, tadi saya menyerahkan kunci hunian kepada calon penghuni tetap di tanah relokasi, baik yang ada di , Donggala, maupun di Sigi,” ujarnya kepada wartawan.

Menko Muhadjir mengucapkan selamat kepada masyarakat yang mendapatkan hunian setelah kehilangan rumah akibat .

BACA JUGA  Dua Pertiga Jemaah Haji Sulawesi Tengah Kembali ke Kota Makkah untuk Nafar Awal

Ia berharap masyarakat terdampak di Kota , Kabupaten Sigi, dan Donggala dapat segera menghuni huntap sesuai target pemerintah.

Menko berpesan kepada masyarakat yang telah memperoleh hunian agar segera menempatinya dan tidak menjualnya kepada pihak lain.

“Jangan sampai jadi kampung kumuh. Tapi menjadi kampung modern. Kampung yang jauh lebih permai dibandingkan waktu bapak ibu tinggal di tempat lama,” pesannya.

Menko Muhadjir juga mendorong warga untuk melakukan penghijauan dengan menanam berbagai . Ia berjanji akan mengirim bibit durian dan rambutan untuk penghuni huntap.